Pengembangan Media Pembelajaran Physics Get Rich Untuk Kelas X SMA Materi Momentum dan Impuls

Fitri Nurhidayati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pujianto Pujianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan desain pengembangan produk, (2) mengetahui kualitas Media Pembelajaran, dan (3) menguji keefektifan Media Pembelajaran Physics Get Rich Berbasis Permainan Monopoli. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan mengadopsi Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE). Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Media pembelajaran Physics Get Rich terdiri dari papan permainan, bidak pemain, dadu, ornamen bangunan, kartu hak milik, uang lembaran, paket soal, kartu kesempatan, lembar assesment dan buku panduan, (2) Media pembelajaran Physics Get Rich berbasis Permainan Monopoli layak digunakan dalam pembelajaran fisika menurut penilaian oleh ahli materi, ahli media dan pengguna, (3) Ada peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Physics Get Rich sehingga media pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan pemahaman konsep fisika

Kata-kata Kunci: Media Pembelajaran, Monopoli, Fisika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i3.17867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.