Implementasi Media Mind Mapping Fisika dengan Mindjet MindManager untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar

Fika Rizki Aprilia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yusman Wiyatmo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak-Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan motivasi belajar fisika, 2) mengetahui peningkatan kemandirian belajar fisika, 3) mengetahui kefektifan implementasi media mind mapping fisika dengan Mindjet MindManager, 4) mengetahui adakah hubungan antara komponen variable terikat, dan 5) mengetahui bagaimana hubungan kausalitas antara komponen variable terikat. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan desain penelitian ex-post. Teknik analisis data dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan motivasi belajar pada peserta didik kelas eksperimen dengan nilai gain 0,327 kategori sedang, 2) terdapat peningkatan kemandirian belajar pada kelas eksperimen dengan nilai gain 0,34 kategori sedang, 3) media mind mapping fisika dengan Mindjet MindManager efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan nilai partial eta 53,1% kategori sangat besar, 4) terdapat korelasi antara sub variable terikat, dan 5) terdapat hubungan kausalitas antara sub variable terikat.

Kata-Kata Kunci: media mind mapping fisika, Mindjet MindManager, motivasi belajar, kemandirian belajar, efektivitas, dan korelasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i3.17866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.