PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS EKSPLORASI, ELABORASI, DAN KONFIRMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA

Cesar Nurlita , Sukardiyono, , Indonesia

Abstract


Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan LKPD berbasis E2K yang layak digunakan selama pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan materi pada peserta didik SMA, (2) mengetahui capaianketerampilan proses sainspeserta didik dalam pembelajaran menggunakan LKPD berbasis E2K, (3) mengetahui peningkatan penguasaan materi peserta didik SMA setelah mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD berbasis E2K, (4) mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penggunaan LKPD berbasis E2K dalam proses pembelajaran fisika.Penelitian ini menggunakan desain Model 4-D sebagai desain penelitan pengembangan.Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa RPP, LKPD berbasis E2K, soal tes, lembar observasi keterampilan proses sains, lembar observasi keterlaksanaan RPP, lembar angket respon peserta didik, dan lembar validasi. Analisis lembar validasi RPP, LKPD, soal tes, dan angket respon menggunakan SBI, sedangkan analisis kesepakatan validator terhadap LKPD menggunakan percentage of agreement, analisis keterlaksanaan RPP menggunakan IJA, analisis butir soal pada uji terbatas menggunakan iteman, analisis penguasaan materi peserta didik menggunakan standar gain, dan analisis keterampilan proses sains menggunakan teknik konversi nilai persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lembar kerja peserta didik berbasis E2K pada materi getaran harmonis layak digunakan untuk pembelajaran peserta didik SMA, didasarkan pada hasil validasi oleh validator ahli dan praktisi yang menunjukkan kategori sangat baik, (2) capaian keterampilan proses peserta didik menunjukkan kategori baik, hal ini didasarkan pada rerata skor praktikum 1, praktikum 2, dan praktikum 3 sebesar 3,24, (3) peningkatan penguasaan materi peserta didik setelah melakukan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis E2K termasuk dalam kategori tinggi dengan standard gain sebesar 0,72, (4) Angket respon peserta didik menunjukkan rata-rata skor yang diperoleh sebesar 4,14 termasuk dalam kategori baik. Kata kunci :LKPD berbasis E2K, keterampilan proses sains, dan penguasaan materi. Abstract This study aimed to: (1) produce E2K based LKPD that is feasible to use during physics learning to improve science process skills and mastery of material for high school students, (2) knowing the achievement of science process skills of students in learning using E2K based LKPD, (3) knowing the increase in material mastery of high school students after participating in learning using E2K based LKPD, (4) knowing the students' responses to the use of E2K based LKPD in the physics learning process. This study uses a 4-D Model design as a research development design. The research subjects were students of class X MIPA 2 as the control class and class X MIPA 3 as the experimental class. The research instruments used were RPP, E2K based LKPD, test questions, observation sheets of science process skills, RPP implementation observation sheets, student response questionnaire sheets, and validation sheets. Analysis of RPP validation sheet, LKPD, test questions, and response questionnaire using SBI, while the validator agreement analysis of LKPD uses a percentage of agreement, RPP implementation analysis using IJA, analysis of items in limited tests using iteman, material mastery analysis of students using standard gain , and analysis of science process skills using percent value conversion techniques. The results showed that: (1) E2K based students worksheets on harmonic vibration material were appropriate to be used for the learning of high school students, based on the validation results of expert and practitioner validators which showed very good categories, (2) the achievement of process skills of students showed good category, this is based on the average practicum score 1, practicum 2, and practicum 3 of 3.24, (3) the increase in material mastery of students after learning using E2K based LKPD is included in the high category with a standard gain of 0.72, (4) Questionnaire responses of students show the average score obtained is 4.14 included in the good category. Keywords: E2Kbased LKPD, science process skills, and mastery of material.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v7i6.11435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.