PENGEMBANGAN LKS EKSPERIMEN DENGAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL LAB PhET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN MATERI
Abstract
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan LKS eksperimen dengan media simulasi virtual lab PhET yang layak untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas XI SMA, (2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA dalam pembelajaran menggunakan LKS eksperimen dengan media simulasi virtual lab PhET materi pembiasan cahaya, (3) Mengetahui peningkatan penguasaan materi siswa kelas XI semester 2 SMA dalam pembelajaran menggunakan LKS eksperimen dengan media simulasi virtual lab PhET materi Pembiasan Cahaya, dan (4) mengetahui respon siswa kelas XI SMA dengan penggunaan LKS eksperimen berbantuan media simulasi virtual lab PhET pada proses pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan desain Model 4-D sebagai sebagai desain penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA N 4 Yogyakarta tahun 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan berupa RPP, LKS eksperimen, soal tes, lembar observasi keterampilan proses sains, lembar observasi keterlaksanaan RPP, lembar angket respon siswa, dan lembar validasi. Analisis lembar validasi RPP, LKS, soal tes, dan angket respon menggunakan SBI, analisis keterlaksanaan RPP menggunakan IJA, analisis butir soal pada uji terbatas menggunakanAlpha Cronbach, analisis penguasaan materi peserta didik menggunakan standar gain, dan analisis keterampilan proses sains menggunakan teknik konversi nilai persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKS eksperimen dengan media simulasi virtual lab PhET layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses pada siswa kelas XI semester 2 SMA N 4 Yogyakarta. (2) LKS eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains dengan rata-rata skor total yang semakin meningkat dari praktikum 1 sampai praktikum 3, pada praktikum 1 adalah 3,05 (sangat baik), praktikum 2 adalah 3,31 (sangat baik), dan praktikum 3 adalah 3,60 (sangat baik). (3) LKS eksperimen dapat meningkatkan penguasaan materi dengan skor standart gain (g) 0,79 dalam kriteria tinggi. Dan (4) Respon siswa terhadap LKS eksperimen yaitu dapat memudahkan dan membantu proses belajar fisika dengan rata-rata skor 3,15 dengan kriteria baik. Kata kunci :LKS eksperimen, keterampilan proses sains, dan penguasaan materi. Abstract This study aimed to: (1) produce experiment’s LKSwith virtual lab PhET simulation that is feasible to use during physics learning to improve science process skills and mastery of material for high school students, (2) knowing the achievement of science process skills of students in learning using experiment’s LKS with virtual lab PhET simulation, (3) knowing the increase in material mastery of high school students after participating in learning using experiment’s LKS with virtual lab PhET simulation, (4) knowing the students' responses to the use of experiment’s LKS with virtual lab PhET simulation in the physics learning process. This research uses a 4-D Model design as a research development design. The research subjects were students of class XI MIPA 5 SMA Yogyakarta. The research instruments used were RPP, experiment’s LKS, test questions, observation sheets of science process skills, RPP implementation observation sheets, student response questionnaire sheets, and validation sheets. Analysis of RPP validation sheet, experiment’s LKS, test questions, and response questionnaire using SBI, RPP implementation analysis using IJA, analysis of items in limited tests using Alpha Cronbach, material mastery analysis of students using standard gain , and analysis of science process skills using percent value conversion techniques. The results showed that: (1) Experiment’s LKS with virtual lab PhET simulation were appropriate to be used for the learning of high school students on second semester at SMA N 4 Yogyakarta. (2) Experiment’s LKS can be increase of process skills of students showed good category, this is based on increase the average practicum score 1 is 3,05 (good), practicum 2 score is 3,31 (very good), and practicum 3 of 3,60 (very good). (3) Experiment’s LKS can be increase in material mastery of students after learning using experiment’s LKS is included in the high category with a standard gain of 0,79 at high criteria. And (4) questionnaire responses of students using experiment’s LKS can facilitate and support in physic’s learning process, the average score obtained is 3,15 included in the good category. Keywords:LKS, science process skills, and mastery of material.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v7i6.11434
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |