PENGEMBANGAN MAJALAH FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk majalah fisika berbasis contextual learning yang layak digunakan dalam pembelajaran pada materi pokok getaran harmonik; 2) mengetahui besar peningkatan minat belajar fisika siswa dengan menggunakan majalah fisika Physics Magz berbasis contextual learning; dan 3) mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan majalah fisika Physics Magz berbasis contextual learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model yang digunakan adalah 4D Models (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap define dilakukan beberapa langkah yaitu analisis awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan penyusunan majalah dan perancangan awal majalah. Pada tahap develop dilakukan validasi oleh dosen pendidikan fisika dan guru fisika SMA, kemudian dilanjutkan dengan revisi I, uji coba terbatas, dan terakhir uji coba lapangan. Tahap disseminate dilakukan dengan menyebarluaskan produk majalah fisika Physics Magz berbasis contextual learning pada beberapa siswa dan guru fisika SMA Negeri 2 Sleman. Penelitian ini menghasilkan: 1) media pembelajaran majalah fisika Physics Magz berbasis contextual learning yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik; 2) peningkatan minat belajar fisika siswa berada dalam kategori rendah dengan nilai standard gain 0,07 untuk kelas kontrol dan 0,29 untuk kelas eksperimen; 3) peningkatan hasil belajar siswa aspek kognitif berada dalam kategori sedang dengan nilai standard gain 0,34 untuk kelas kontrol dan 0,51 untuk kelas eksperimen. Kata kunci: majalah fisika Physics Magz berbasis contextual learning, minat belajar, hasil belajar Abstract This research aimed to: 1) produce an eligible physics magazine based on contextual learning to be used in learning activity with harmonic motion as the main topic; 2) find out the improvement of students’ interest in learning physics using physics magazine based on contextual learning; 3) find out the improvement of students’ outcome after join learning activity using physics magazine based on contextual learning. This research was classified as Research and Development (R & D) and adopted 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate). There were several steps in define stage: front-end analysis, learner analysis, task analysis, concept analysis, and specifying instructional objectives. At design stage, physics magazine based on contextual learning was designed. At the develop stage, product validation had been done by physics education lecturer and physics teacher of SMA N 2 Sleman. The next step was first revise then followed by preliminary and main testing. At disseminate stage, Physics Magazines were disseminated to the physics teacher of SMA N 2 Sleman and several students of X grader. The result of this research were: 1) eligible physics magazine based on contextual learning to be used in learning activity and categorized as very good; 2) the improvement of students’ learning interest in both class were categorized as low with standard gain 0.07 for control class, and 0.29 for experiment class; 3) the improvement of students’ learning outcome in cognitive aspect were categorized as medium with standard gain 0.34 for control class and 0.51 for experiment class. Keywords: Physics magazine based on contextual learning, students’ learning interest, students’ learning outcome
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v7i6.11433
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |