THE DEVELOPMENT OF PHYSICS HANDOUTUSING GUIDED INQUIRY METHOD WITH PROBING PROMPTING TECHNIQUE TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES AND CRITICAL THINKING ABILITY OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENT

Puput Pujiyanti , Yusman Wiyatmo, , Indonesia

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk bahan ajar yang berupa handout fisika menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan teknik probing promptingyang layak untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA; (2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan handout fisika menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan teknik probing prompting; (3) mengetahui besar peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan handout fisika menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan teknik probing prompting.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation and Evaluation). Kelayakan handout fisika menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan teknik probing promptingdilihat dari skor valididasi menggunakan analisis Sbi. Peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dilihat dari nilai standard Gain pada pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) handout fisika menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan teknik probing prompting layak digunakan dengan kategori sangat baik; (2) peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA 1 dan XI MIA 6 ditunjukkan oleh nilai standard gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang; (3) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA 1 dan XI MIA 6 ditunjukkan oleh nilai standard gain sebesar 0,26 dengan kategori rendah. Kata-kata kunci:handout, hasil belajar, kemampuan berpikir kritis Abstract This research was aimed to: (1)produce a proper physics handout using guided inquirymethod with probing prompting technique to improve learning outcomes and critical thinking ability of Senior High School students; (2) know the improvement in learning outcomes of students after usingphysics handout using guided inquiry method with probing prompting techniqueand (3) know the improvement in critical thinking ability of students after using physics handout using guided inquiry with probing prompting technique. This research was a research and development (R&D) using the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implementation and Evaluation). The properness of physicshandout using guided inquiry with probing prompting techniquewas taken from the Sbi validity score. The improvement of learning outcomes and critical thinking ability of students was taken from the result of Standard Gain in pretest and posttest sheets. The result of this research showed that: (1) physics handout using guided inquiry method with probing prompting technique is proper in very good category; (2) the improvement of learning outcomes of studentswith the standard gain value 0.5in medium category and (3) the improvement of critical thinking ability of students with the standard gain value 0.26in low category. Keywords: handout, learning outcome, critical thinking ability

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v7i2.10953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.