“PENGEMBANGAN SISTEM ASSESSMENT PEMBELAJARAN MATERI DINAMIKA PARTIKEL BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL DI SMA N 1 PAKEM” “DEVELOPMENT OF ASSESSMENT SYSTEM IN PARTICLE DYNAMICS LEARNING BASED ON AUDIO VISUAL MEDIA IN SMAN 1 PAKEM
Suparno Suparno, , Indonesia
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah (1) menghasilkan produk sistem assessment berbasis media audio visual yang layak digunakan, (2) mengetahui hasil respon peserta didik dan respon observer terhadap penggunaan sistem assessment berbasis media audio visual yang dikembangkan, serta (3) mengetahui hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dengan menggunakan bahan ajar dan sistem assessment berbasis media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model 4D oleh Thiagarajan dan Semmel. Instrumen penelitian berupa rubrik, angket validasi instrumen, lembar pengamatan, angket respon pengguna. Teknik analisis data yaitu uji validitas instrumen dengan menggunakan CVR dan CVI, uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan program ITEMAN dan program SPSS 22 serta untuk tingkat kegunaan produk (efektifitas) dengan menggunakan kriteria penilaian ideal. Hasil yang diperoleh adalah (1) dihasilkannya sistem assessment berbasis media audio visual yang layak digunakan, (2) respon siswa terhadap aplikasi sistem assessment uji coba terbatas dan uji coba lapangan secara berurutan bernilai 4,08 dan 4,27 dengan kategori baik dan sangat baik sedangkan respon observer terhadap aplikasi sistem assessment uji coba terbatas dan uji coba lapangan secara berurutan bernilai 3,99 dan 4,13 dengan kategori baik, (3) hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi assessment media audio visual pada uji coba terbatas aspek kognitif, kognitif proses, afektif, dan psikomotor secara berurutan adalah 2,66, 2,34, 3,39, dan 3,61 secara berurutan dengan kategori baik, cukup baik, baik, dan baik sedangkan hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi assessment media audio visual pada uji coba lapangan aspek kognitif, kognitif proses, afektif, dan psikomotor secara berurutan adalah 2,53, 2,16, 3,42, dan 3,61 secara beurutan dengan kategori baik, cukup baik, baik, dan sangat baik.
Kata Kunci : sistem assessment, aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor, media audio visual
ABSTRACT
The purposes of this research are (1 ) to produce assessment system based on audio visual media, (2) to reveal student’ and observer response on the use of system assessment based on audio visual media developed, (3) to understand student’s study results on cognitive, affective, and psychomotor aspect by the use of teaching material and assessment system based on audio visual media. The research development adapted from model 4D by Thiagarajan and Semmel. The instrument of this research are rubrics, validited instrument, observation sheet, users response sheet. Instrument of validity done by CVR and CVI. The validity and reliability test of the collected data had been done by using ITEMAN and SPSS 22 program and for the level of usefulness and effectiveness the product use the ideal assessment criteria. The results are (1) assessment system based on audio visual media is visible (2) stundent’s respones to use assessment system of audio visual media during limited test and field test are 4.08 and 4.27 respectively, both belong to good and very good category. On the other hand, an observer response to use assessment system of audio visual media during limited test and field test are 3.99 and 4.13 respectively, these belong to good category, (3) student’s study results by using application assessment audio visual media during limited test on cognitive, cognitive processes, affective, and psychomotor aspect are 2.66, 2.34, 3.39, and 3.61 respectively, these belong to good, sufficient, good, and good category. Whereas student’s study results by using application assessment audio visual media during field test on cognitive, cognitive processes, affective, and psychomotor aspect are 2.53, 2.16, 3.42 and 3.61 respectively, these belong to good, sufficient, good, and very good category
Key Word : Assessment system, cognitive aspect, affective aspect, psychomotor aspect, audio visual media
Tujuan penelitian adalah (1) menghasilkan produk sistem assessment berbasis media audio visual yang layak digunakan, (2) mengetahui hasil respon peserta didik dan respon observer terhadap penggunaan sistem assessment berbasis media audio visual yang dikembangkan, serta (3) mengetahui hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dengan menggunakan bahan ajar dan sistem assessment berbasis media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model 4D oleh Thiagarajan dan Semmel. Instrumen penelitian berupa rubrik, angket validasi instrumen, lembar pengamatan, angket respon pengguna. Teknik analisis data yaitu uji validitas instrumen dengan menggunakan CVR dan CVI, uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan program ITEMAN dan program SPSS 22 serta untuk tingkat kegunaan produk (efektifitas) dengan menggunakan kriteria penilaian ideal. Hasil yang diperoleh adalah (1) dihasilkannya sistem assessment berbasis media audio visual yang layak digunakan, (2) respon siswa terhadap aplikasi sistem assessment uji coba terbatas dan uji coba lapangan secara berurutan bernilai 4,08 dan 4,27 dengan kategori baik dan sangat baik sedangkan respon observer terhadap aplikasi sistem assessment uji coba terbatas dan uji coba lapangan secara berurutan bernilai 3,99 dan 4,13 dengan kategori baik, (3) hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi assessment media audio visual pada uji coba terbatas aspek kognitif, kognitif proses, afektif, dan psikomotor secara berurutan adalah 2,66, 2,34, 3,39, dan 3,61 secara berurutan dengan kategori baik, cukup baik, baik, dan baik sedangkan hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi assessment media audio visual pada uji coba lapangan aspek kognitif, kognitif proses, afektif, dan psikomotor secara berurutan adalah 2,53, 2,16, 3,42, dan 3,61 secara beurutan dengan kategori baik, cukup baik, baik, dan sangat baik.
Kata Kunci : sistem assessment, aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor, media audio visual
ABSTRACT
The purposes of this research are (1 ) to produce assessment system based on audio visual media, (2) to reveal student’ and observer response on the use of system assessment based on audio visual media developed, (3) to understand student’s study results on cognitive, affective, and psychomotor aspect by the use of teaching material and assessment system based on audio visual media. The research development adapted from model 4D by Thiagarajan and Semmel. The instrument of this research are rubrics, validited instrument, observation sheet, users response sheet. Instrument of validity done by CVR and CVI. The validity and reliability test of the collected data had been done by using ITEMAN and SPSS 22 program and for the level of usefulness and effectiveness the product use the ideal assessment criteria. The results are (1) assessment system based on audio visual media is visible (2) stundent’s respones to use assessment system of audio visual media during limited test and field test are 4.08 and 4.27 respectively, both belong to good and very good category. On the other hand, an observer response to use assessment system of audio visual media during limited test and field test are 3.99 and 4.13 respectively, these belong to good category, (3) student’s study results by using application assessment audio visual media during limited test on cognitive, cognitive processes, affective, and psychomotor aspect are 2.66, 2.34, 3.39, and 3.61 respectively, these belong to good, sufficient, good, and good category. Whereas student’s study results by using application assessment audio visual media during field test on cognitive, cognitive processes, affective, and psychomotor aspect are 2.53, 2.16, 3.42 and 3.61 respectively, these belong to good, sufficient, good, and very good category
Key Word : Assessment system, cognitive aspect, affective aspect, psychomotor aspect, audio visual media
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v5i5.1028
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pend. Fisika - S1
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |