PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Gabriel Dina Rahmawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Bayu Setiaji, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran materi momentum impuls dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality pada materi momentum impuls. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Development, dan Dissemination. Produk berupa modul dan aplikasi Augmented Reality. Subjek penelitian adalah peserta didik di SMA Negeri 10 Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan kelas pada uji coba lapangan adalah simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran momentum impuls dengan nilai kelayakan SBi sebesar 1.602 berkategori baik. Media ini juga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada uji coba lapangan dengan nilai gain sebesar 0.80 yang berarti terjadi peningkatan tinggi.

Keywords


media pembelajaran; modul fisika; aplikasi; Augmented Reality; berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Aththibby, A. R., & Kuswanto, H. (2021, February). Development of an integrated augmented reality experiment module on the topic of motion kinematics on student learning motivation. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1816, No. 1, p. 012086). IOP Publishing.

Azuma, R. T. (1997). A survey of Augmented Reality. Presence: teleoperators & virtual environments, 6(4), 355-385.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azzam, A. (2015). Pembangunan Flash Card Berbasis Augmented Reality Untuk Menunjang Pembelajaran Pada Anak PRA Sekolah. Teknoin, 21(4).

Castelo-Branco, I., Cruz-Jesus, F., & Oliveira, T. (2019). Assessing Industry 4.0 readiness in manufacturing: Evidence for the European Union. Computers in Industry, 107, 22-32.

Dewi, Poppy Sari. (2021). Pengembangan E-Module Fisika Berbantuan Augmented Reality Berbasis Kearifan Lokal Becak pada Materi Gerak Melingkar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis [Tesis Tidak Diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta].

Dyer, K. D., & Hall, R. E. (2019). Effect of critical thinking education on epistemically unwarranted beliefs in college students. Research in Higher Education, 60, 293-314.

Fadilla, N., Nurlaela, L., Rijanto, T., Ariyanto, S. R., Rahmah, L., & Huda, S. (2021, March). Effect of problem-based learning on critical thinking skills. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1810, No. 1, p. 012060). IOP Publishing.

Faridi, H., Tuli, N., Mantri, A., Singh, G., & Gargrish, S. (2021). A framework utilizing augmented reality to improve critical thinking ability and learning gain of the students in Physics. Computer Applications in Engineering Education, 29(1), 258-273.

Fatimah, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Blended Learning Dalam Kerangka Tpack Pada Materi Sistem Imun (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Hafidha, P. N. W., & Endah Sudarmilah, S. T. (2014). Augmented Reality Sistem Periodik Unsur Kimia Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Tingkat SMA Berbasis Android Mobile (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hudha, M. N., & Batlolona, J. R. (2017). How are the physics critical thinking skills of the students taught by using inquiry-discovery through empirical and theorethical overview? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 691-697.

Indrawan, A., Wayan, I., & Komang, S. (2021). Augmented reality sebagai media pendidikan interaktif dalam pandemi COVID-19. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 61-70.

Istiyono, Edi. (2020). Pengembangan Instrumen Peniliaan dan analisis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Klasik dan Modern Edisi ke-2. UNY Press.

Kristianti, N. (2019). Pengaruh Internet of Things (Iot) Pada Education Business Model: Studi Kasus Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 13(2), 47-53.

Kumar, R., Zhi-gang, Z., & Livadiotis, G. (2016). The learning reconstruction of particle system and linear momentum conservation in introductory physics course the learning reconstruction of particle system and linear momentum conservation in introductory physics course. Journal of Physics: Conference Series, 739. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/739/1/012111.

Mahanal, S., Zubaidah, S., Sumiati, I. D., Sari, T. M., & Ismirawati, N. (2019). RICOSRE: A Learning Model to Develop Critical Thinking Skills for Students with Different Academic Abilities. International Journal of Instruction, 12(2), 417-434.

Mardapi, D. (2016). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran ( Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan komponen pneumatik di SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2).

Ndihokubwayo, K., Uwamahoro, J., & Ndayambaje, I. (2020). Usability of Electronic Instructional Tools in the Physics Classroom. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(11).

Ndihokubwayo, K., Uwamahoro, J., & Ndayambaje, I. (2022). Assessment of Rwandan physics students’ active learning environments: classroom observations. Physics Education, 57(4), 045027.

Nurrita Teni.(2018) Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Media Pembelajaran,(1),7-8.

Pangestu, A. T., & Wulandari, S. (2023). Aplikasi Mobile Aughmented Reality Pengenalan Berbagai Macam Virus Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android. JUKI: Jurnal Komputer dan Informatika, 5(2), 278-287.

Permata, A. R., Muslim, M., & Suyana, I. (2019, December). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi momentum dan impuls. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 8, pp. SNF2019-PE).

Permatasari, C. P., Yerizon, Y., Arnawa, I. M., & Musdi, E. (2020, May). Improving Students’ Problem-Solving Ability through Learning Tools Based on Problem Based Learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1554, No. 1, p. 012017). IOP Publishing.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 173-181.

Rachmedita, Valensy. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ACTIVE SHARING KNOWLEDGE PADA KELAS VIII B SMP WIYATA KARYA NATAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS LAMPUNG).

Rahayu, Mega Sepriana Ika & Kuswanto, Heru. (2020). Pengembangan Komik Permainan Karambol Berbasis Android Terintegrasi Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis pada Pembelajaran Fisika. [Tesis, Tidak Diterbitkan]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahmatullah. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Berbantuan Media Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Pemecahan Masalah Peserta Didik. [Tesis, Tidak Diterbitkan]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ratnasari, D., Mahrawi, M., Wahyuni, I., & Risdatika, V. (2022). PENGARUH AUGMENTED REALITY BERBASIS WEB DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SIKAP KONSERVASI PESERTA DIDIK. AL ULUM: JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 8(1), 6-12.

Retnaningtyas, T. A., Suprapro, Nadi, & Achmadi, Hainur Rasid. (2021). Studi Literatur Pemanfaatan Media Augmented Reality untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik, Inovasi Pendiidkan Fisika, 10(01):39—49. ISSN: 2302-4496.

Rohmaniyah, I. A., & Wiyatmo, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. [Skripsi Tidak Diterbitkan] Universitas Negeri Yogyakarta.

Savitri, A. (2019). Revolusi industri 4.0: mengubah tantangan menjadi peluang di era disrupsi 4.0. Penerbit Genesis.

Sugiono, P. D. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D), Kesatu. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, H. R. (2018). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tang, K. N. (2018). The importance of soft skills acquisition by teachers in higher education institutions. Kasetsart Journal of Social Sciences, 2–7. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.01.0 02.

Thahara, I. P., Mulyadi, H., & Utama, D. H. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Kelas Bisnis Dan Kewirausahaan. Journal of Business Management Education (JBME), 1(2), 70-74.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.

Tiruneh, D. T., De Cock, M., Weldeslassie, A. G., Elen, J., & Janssen, R. (2017). Measuring critical thinking in physics: Development and validation of a critical thinking test in electricity and magnetism. International Journal of Science and Mathematics Education, 15, 663-682.

Usmeldi, U., Amini, R., & Trisna, S. (2017). The development of research-based learning model with science, environment, technology, and society approaches to improve critical thinking of students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 318-325.

Vari, Y., & Bramastia, B. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 Di Pembelajaran Ipa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10 (2), 131–136.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i1.20460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:

 

Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.