PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP-MOTION PADA SUBMATERI FERTILISASI UNTUK SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NURIS JEMBER

Aviyah Rini Astutik, Husni Mubarok

Abstract


Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembagan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Metode pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan tes. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran video animasi Stop-motion pada submateri fertilisasi untuk siswa kelas XI MIPA di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2022/2023. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 91% dengan kategori “sangat valid,” hasil validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 93% dengan kategori “sangat valid,” hasil validasi guru biologi mendapatkan persentase sebesar 83% dengan kategori “valid,” hasil validasi ahli evaluasi soal pretest-posttest mendapatkan persentase sebesar 93% dengan kategori “sangat layak.” 2) Hasil kepraktisan respon siswa mendapatkan persentase 86% dengan kategori “sangat menarik.” 3) Hasil keefektifan produk dengan uji Wilcoxon diketahui Asmp.sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05 yang artinya ada pengaruh secara signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan produk yaitu video animasi Stop-motion. Sedangkan pada uji N-gain mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,62 dengan kategori “sedang,” sehingga media pembelajaran animasi Stop-motion dapat digunakan pada proses pembelajaran.

Keywords


Penelitian; pengembangan; video Stop-motion

Full Text:

PDF

References


Achi Rinaldi, (2018) Pengembangan Media Ajar Matematika Dengan Menggunakan Media Microsoft Visual Basic Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Mahasiswa (Adopsi Langkah Teori Pengembangan Borg & Gall). http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/46501

Budiaji. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan https://www.researchgate.net/publication/329922686_Skala_Pengukur an_dan_Jumlah_Respon_Skala_Likert

Campbell et al. (2010). Biologi Edisi Kedelapan Jilid 3. (Jakarta: Erlangga).

Ideari, Hesky Elma. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion untuk Pembelajaran Sejarah. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Nawangsari Sugiri. (1999) Zoologi Umum Edisi ke-6 JilidiI (Bogor: PT. Gelora Aksara Pratama).

Nuryadi, dkk (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. (Yogyakarta: Sibuku).

Purba, B. P. W., Billah Afrianti, F. E. S., Nabilla, M., Adlini, M. N., & Rifda. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI MADRASAH ALIYAH LABORATORIUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 90–97.

Purves, B. J. C. (2008). Stop Motion: Passion, Process, and. Performance. (USA: Elsevier).

Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-variabeliPenelitian. (Bandung: Alfabeta). Sa’dun Akbar. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. (Bandung: Remaja Rosdakarya). Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung Alfabeta).

Suseno, M. N. (2012). Statistika Teori dan Aplikasi untuk Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora. (Yogyakarta: Ash-Shaff).

Winda Seftiana. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Stop-motion pada Mata Pelajaran Biologi. Kelas XI. IPA di SMA N. 1 Abung Tinggi. Skripsi: UIN Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i1.20444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.