PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI VIRUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR
Anggi Tias Pratama, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
LKPD merupakan perangkat pembelajaran yang berupa lembaran berisi panduan untuk menuntun peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar seperti melakukan pengamatan, penyelidikan, pengukuran, pengolahan data, dan penarikan kesimpulan. Namun, LKPD yang digunakan oleh peserta didik kurang sesuai dengan LKPD yang seharusnya dan hanya berisi sekumpulan pertanyaan. Materi virus menjadi materi yang dianggap rumit oleh peserta didik karena objek yang tidak dapat diamati secara langsung. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik. Sehingga LKPD bermuatan AR dapat digunakan sebagai alternatif perangkat pembelajaran yang yang meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui karakteristik produk pengembangan LKPD bermuatan augmented reality pada materi virus, 2) mengetahui kelayakan produk pengembangan LKPD bermuatan augmented reality pada materi virus, dan 3) mengetahui kepraktisan produk pengembangan LKPD bermuatan augmented reality pada materi virus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Namun, penelitian ini mempunyai beberapa keterbatasa nsehingga hanya sampai pada tahap development. Instrumen yang digunakan berupa angket. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk LKPD bermuatan AR yang dikembangkan layak dan praktis digunakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan praktisi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Carolina, Y. Dela. (2022). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448
Ervana, D. S., & Martini. (2019). Pengembangan Lks Bermuatan Augment Reality Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Smp. E-Jurnal Pensa, 7(2), 118–124.
Fatmawati, F., Susilawati, S., & Haryati, S. (2017). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning pada pokok bahasan struktur atom. Jurnal Online Mahasiswa, 4(2), 1–14.
Indriani, D., Hindriana, A. F., & Sulistyono. (2023). Pengembangan lkpd berbasis augmented reality dalam metode praktikum materi organ indera untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dan keterampilan proses sains. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(1), 97–107.
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Mulyani, A. (2017). Penguasaan Mahasiswa Calon Guru Biologi Terhadap Representasi Visual Dalam Botani Phanerogamae. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains Jounal, 6(1), 15–21.
Musliadi, & Daud, F. (2022). Pengembangan Media Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 13 Pangkep. Journal of Biological Education, 5(2), ebi. https://doi.org/10.1080/00219266.1973.9653810
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 97. https://doi.org/10.17977/um034v29i2p97-115
Ningrum, A. S. (2021). Pengembangan Perangkat PembelajaranNingrum, A. S. (2022) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar ( Metode Belajar ). Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 166–177. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. https://books.google.co.id/books?id=jeCxDwAAQBAJ
Qiao, X., Ren, P., Nan, G., Liu, L., Dustdar, S., & Chen, J. (2019). Mobile web augmented reality in 5G and beyond: Challenges, opportunities, and future directions. China Communications, 16(9), 141–154. https://doi.org/10.23919/JCC.2019.09.010
Revita, R. (2019). Uji kepraktisan perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing untuk SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 148.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suyanto, S., Paidi, & Wilujeng, J. (2011). Lembar Kerja Siswa. In Makalah pada Kegiatan Pembekalan Guru Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta. (pp. 1–12). FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Syah, N. U., Hindrasti, N. E. K., & Sarkity, D. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN LKPD BERORIENTASI MODEL PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA MATERI VIRUS. Student Online Jornal, 3(1), 543–546.
Urry, L. A., Cain, M. L., Wasserman, S. A., Minorsky, P. V., & Reece, J. B. (2016). Campbell Biology. (Eleventh Ed). In Pearson Education Inc. Pearson.
Carolina, Y. Dela. (2022). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448
Ervana, D. S., & Martini. (2019). Pengembangan Lks Bermuatan Augment Reality Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Smp. E-Jurnal Pensa, 7(2), 118–124.
Fatmawati, F., Susilawati, S., & Haryati, S. (2017). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning pada pokok bahasan struktur atom. Jurnal Online Mahasiswa, 4(2), 1–14.
Indriani, D., Hindriana, A. F., & Sulistyono. (2023). Pengembangan lkpd berbasis augmented reality dalam metode praktikum materi organ indera untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dan keterampilan proses sains. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(1), 97–107.
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Mulyani, A. (2017). Penguasaan Mahasiswa Calon Guru Biologi Terhadap Representasi Visual Dalam Botani Phanerogamae. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains Jounal, 6(1), 15–21.
Musliadi, & Daud, F. (2022). Pengembangan Media Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 13 Pangkep. Journal of Biological Education, 5(2), ebi. https://doi.org/10.1080/00219266.1973.9653810
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 97. https://doi.org/10.17977/um034v29i2p97-115
Ningrum, A. S. (2021). Pengembangan Perangkat PembelajaranNingrum, A. S. (2022) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar ( Metode Belajar ). Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 166–177. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. https://books.google.co.id/books?id=jeCxDwAAQBAJ
Qiao, X., Ren, P., Nan, G., Liu, L., Dustdar, S., & Chen, J. (2019). Mobile web augmented reality in 5G and beyond: Challenges, opportunities, and future directions. China Communications, 16(9), 141–154. https://doi.org/10.23919/JCC.2019.09.010
Revita, R. (2019). Uji kepraktisan perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing untuk SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 148.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suyanto, S., Paidi, & Wilujeng, J. (2011). Lembar Kerja Siswa. In Makalah pada Kegiatan Pembekalan Guru Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta. (pp. 1–12). FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Syah, N. U., Hindrasti, N. E. K., & Sarkity, D. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN LKPD BERORIENTASI MODEL PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA MATERI VIRUS. Student Online Jornal, 3(1), 543–546.
Urry, L. A., Cain, M. L., Wasserman, S. A., Minorsky, P. V., & Reece, J. B. (2016). Campbell Biology. (Eleventh Ed). In Pearson Education Inc. Pearson.
DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v10i1.20364
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Edukasi Biologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)
Jurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |