PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTU CONCEPT MAPPING MATERI SISTEM EKSKRESI

Valenta Rias Mahardita, Anggi Tias Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui karakteristik produk pengembangan LKPD berbasis guided discovery learning berbantu concept mapping pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan kemampuan menganalisis siswa kelas XI SMA, 2) mengetahui kelayakan produk pengembangan LKPD, dan 3) mengetahui kepraktisan produk pengembangan LKPD. Produk dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE (Dick & Carry, 1996). Namun, karena adanya keterbatasan penelitian sehingga hanya sampai pada tahap development. Instrumen yang digunakan berupa angket. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri di Bantul, Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan observasi dan angket. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa: 1) produk LKPD hasil pengembangan berbentuk cetak yang dapat memacu siswa untuk aktif mencari pengetahuannya sendiri melalui tahapan model pembelajaran guided discovery learning yang dibantu dengan adanya peta konsep. Selain itu, konten LKPD juga “sangat sesuai” untuk mendorong kemampuan menganalisis siswa dari penilaian dosen ahli materi dan guru. 2) Produk LKPD dinilai layak digunakan dalam pembelajaran dengan kategori “layak” oleh dosen ahli materi dan “sangat layak” oleh dosen ahli media. 3) Produk LKPD dinilai “sangat praktis” untuk digunakan berdasarkan respons guru dan respons siswa.

This study aims to 1) determine the characteristics of worksheet development products based on guided discovery learning assisted by concept mapping on excretion system materials to improve the analytical skills of 11th grade high school students, 2) determine the feasibility of worksheet development products, 3) determine the practicality of worksheet development products. The product was developed with the ADDIE development model (Dick & Carry, 1996). However, due to the limitations of research so that it only reaches the development stage. The instrument used is in the form of a questionnaire. The subjects of the study were 36 students of grade 11 science 2 high school in Bantul, Yogyakarta. Data was collected by observation and questionnaire. The data were then analyzed using descriptive analysis techniques. The results of the research are: 1) printed worksheet products that can encourage students to actively seek their own knowledge through the stages of the guided discovery learning model assisted by concept maps. In addition, the content of the worksheet is also "very suitable" to encourage students' ability to analyze based on the assessment of material expert lecturers and teachers. 2) Worksheet products are considered feasible for use in learning with the category "feasible" by material expert lecturers and "very feasible" by media expert lecturers. 3) Worksheet products are considered "very practical" to use based on teacher responses and student responses.


Keywords


guided discovery learning; concept mapping; kemampuan menganalisis; LKPD; biologi; analytical skills; worksheet; biology

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahar, R. W. (2010). Teori – Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dahar, R. W. (2011). Teori – Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Damayanti, A., Abdurrahman, Suana, W. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Exclusive Untuk Menumbuhkan Keterampilan Kerpikir Kreatif Siswa. From https://media.neliti.com/media/publications/117510-ID-pengembangan-lkpd-berbasis-model-pembela.pdf.

Dewey. J. (2004). Experience and Education Pendidikan Berbasis Pengalaman (Hani’ah). Bandung: Penerbit Teraju.

Dick, W., & Carey, L. (1996). The systematic design of instruction (4th ed.). New York: Harper Collins College Publishers.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Marsa, Hala, Y., & Taiyeb, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmat, 5(1), 42-57. doi: 10.35580/sainsmat5130482016.

Moedjiono & Dimyati. (1992). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Multiyaningsih, E. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran. From http://staffnew.uny.ac.id/upload/131808329/pengabdian/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf.

Parno. (2015). Perubahan Konsep Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Pawestri, E. & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913. doi: 10.30738/trihayu.v6i3.8151.

Permendikbud RI 2018 No. 37. Perubahan Atas Permendikbud RI Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. [Amendments to Permendikbud RI Number 24 of 2016 concerning Core Competencies and Basic Competencies for Lessons in the 2013 Curriculum in Primary and Secondary Education].

Permendikbud RI 2018 No. 37. Perubahan Atas Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. [Amendment to Permendikbud RI Number 22 of 2016 concerning Process Standards for Primary and Secondary Education].

Pratama, A.T., Damayanto, A., Firmansyah, Anazifa, R.D., Limiansi, K., Sukoco, H. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Program Pembelajaran Biologi Ramah Anak Berbasis Lingkungan. Jurnal Biolokus, 3(1), 280-287. doi: 10.30821/biolokus.v3i1.730.

Santi, Wulandari, Y., & Sudibyo, S. R. (2021, Desember). Penerapan Metode Pembelajaran Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Pembangun Teks Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMPN 2 Bonehau. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. From http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/SemNasPPG/article/viewFile/11991/2580.

Shafira, I. H., & Suratsih, S. (2023). PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PANGKALPINANG. Jurnal Edukasi Biologi, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21831/edubio.v9i1.18515

Suhardi. (2012). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta : Jurdik Biologi FMIPA UNY.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada.

Veermans, K. (2013). Intelligent Support for Discovery Learning. University of Twente: Twente University Press.

Winataputra, U.S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Penerbit Anugrah Utama Raharja.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v9i2.19473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.