PENYUSUNAN E-KATALOG KEANEKARAGAMAN PTERIDOPHYTA DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Dwi Listiyani, Budiwati Budiwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui jenis-jenis tumbuhan paku yang ada di SMAN 2 Temanggung, menghasilkan e-katalog Keanekaragaman Pteridophyta yang valid, serta mengetahui penilaian guru dan tanggapan peserta didik terhadap e-katalog Keanekaragaman Pteridophyta sebagai media pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model ADDIE. Objek penelitian berupa e-katalog Keanekaragaman Pteridophyta. Subjek penelitian yaitu 3 guru biologi dan 26 peserta didik kelas X di SMAN 2 Temanggung. Instrumen penelitian menggunakan angket penilaian guru dan tanggapan peserta didik dengan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat 18 spesies tumbuhan paku di SMAN 2 Temanggung; pengembangan media e-katalog mendapatkan skor validitas 96% dari ahli materi dan 84% dari ahli media yang termasuk dalam kategori valid; penilaian kualittas e-katalog oleh guru biologi diperoleh 96% setuju serta tanggapan peserta didik terhadap e-katalog diperoleh 99% setuju katalog ini sesuai dengan kategori penilaian. Secara keseluruhan e-katalog ini sesuai dengan kategori penilaian untuk dijadikan sebagai media pembelajaran biologi.

Keywords


e-katalog, keanekaragaman Pteridophyta, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2016). Penerapan pemilihan media pembelajaran. Jurnal Edcomtech, 1(1), 9-20.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24, Tahun 2016, tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013.

Kusrianto A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Lubis, R.R., Nana, M., & Lenni, M.N. (2020). Alternatif strategi pembelajaran selama covid-19 di STAI Sumatera Medan. Jurnal Ansiru, 4 (1).

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Suhardi. (2008). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: Jurdik Biologi FMIPA UNY.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development / R&D). Bandung: Alfabeta.

Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-analisis media pembelajaran pada pembelajaran biologi. Journal of Education Technology, 4 (1), 22-27.




DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v8i1.18173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
      

ISSN 2986-5484 (print) || ISSN 2986-4828 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Edukasi Biologi by https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jeb is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.