PERBEDAAN STRATEGI REACT DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS 5E DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII THE DIFFERENCES BETWEEN REACT STRATEGY WITH LEARNING CYCLE 5E STRATEGY CONSIDERED FROM SCIENCE PROCESS SKILL AND COGNITIVE LEARNING OUTCOME ON THE EIGHTH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENT

Kurnia Dewi, Dadan Rosana, Putri Anjarsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif dalam pembelajaran dengan strategi REACT dan strategi pembelajaran siklus 5E pada peserta didik kelas VIII SMP, untuk mengetahui strategi pembelajaran yang lebih baik digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains, dan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang lebih baik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain pretest-posttest group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 2. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Manova. Hasil penelitian adalah terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif peserta didik antara pembelajaran dengan strategi REACT dan strategi pembelajaran silkus 5E pada peserta didik kelas VIII SMP, strategi REACT lebih baik digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains daripada strategi pembelajaran siklus 5E, dan strategi REACT lebih baik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif daripada strategi pembelajaran siklus 5E.

Kata kunci: Strategi REACT, strategi pembelajaran siklus 5E, keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif .

The aim in this research is to know a differences of science process skill and cognitive learning outcomes in between classes using REACT strategy and learning cycle students 5E strategies on the eighth grade junior high school, to know learning strategy that better get used to improved the science process skills, and to know learning strategy that better get used to improve cognitive learning outcomes. The type of this research is quasi experiment with pretest-posttest group design. The sample techniques used the cluster random sampling and obtain class VIII B as an experiment class one and class VIII D as an experiment class two. The analysis used the research is Manova. The results of this research are there is difference science process skill and cognitive learning outcome of students between the classes that use REACT strategy and learning cyce 5E strategy on the eighth grade junior high school, REACT strategy better than learning cyce 5E strategy to improve science process skills, and REACT strategy better than learning cyce 5E strategy to improve cognitive learning outcome.

Keywords: REACT strategy, learning cycle 5E strategy, science process skill, cognitive learning outcome


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1



 Our journal indexed by:


Printed ISSN (p-ISSN): - | Online ISSN (e-ISSN): 3032-7164

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ipa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.