PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PEKERJAAN, JUMLAH TANGGUNGAN ANAK, DAN PENDAPATAN ORANGTUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK DI INDONESIA

Norma Dwi Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Pendidikan, Status Pekerjaan, Jumlah Tanggungan Anak umur 0-14 tahun, dan Jumlah Pendapatan Orangtua terhadap Kemampuan dalam Memenuhi Kebutuhan Pendidikan Anak di Indonesia. Responden penelitian terdiri dari orang-orang berusia 15 tahun atau lebih yang memiliki tanggungan anak yang sedang menempuh pendidikan dan berstatus sebagai kepala keluarga. Penelitian ini menggunakan data sekunder tahun 2015 dari Indonesian Family Life Survey (IFLS). Teknik analisis adalah model probit dengan sampel yang terdiri dari 5.891 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pendidikan orangtua dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan orangtua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak di Indonesia; sedangkan jumlah tanggungan anak umur 0-14 tahun berpengaruh signifikan dengan arah negatif; (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara status pekerjaan dengan kemampuan orangtua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak di Indonesia; (3) secara simultan, terdapat pengaruh signifikan dari variabel tingkat pendidikan, status pekerjaan, jumlah tanggungan anak umur 0-14 tahun, dan jumlah pendapatan orangtua per bulan terhadap kemampuan orangtua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak di Indonesia.


Keywords


Kebutuhan Pendidikan, Tingkat Pendidikan, Status Pekerjaan, Tanggungan Anak, Pendapatan.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, et.al. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

BPS. (2016). Indikator Kesejahteraan Rakyat. Diakses dari: https://www.bps.go.id (16 Maret 2018).

Fattah, N. (2012). Standar Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hardianto. (2017). Peran Ekonomi Terhadap Pendidikan dan Peran Pendidikan Membangun Ekonomi. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6 Nomor 1.

Hermawan, R. T. (2013). Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan. Diakses dari: https://www.scribd.com/document/135816932/Dampak-Globalisasi-Terhadap-Pendidikan-1 (24 Februari 2019).

Kemendikbud. (2017). IPM Terus Meningkat, Kemendikbud Dorong Pemerataan Pendidikan yang Berkualitas. Diakses dari: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/10/ipm-terus-meningkat-kemendikbud-dorong-pemerataan-pendidikan-yang-berkualitas (27 Juli 2018).

Kemendikbud. (2016). Kemendikbud Terus Tingkatkan Pencapaian Program Prioritas Pemerintah. Diakses dari: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/10/kemendikbud-terus-tingkatkan-pencapaian-program-prioritas-pemerintah (27 Juli 2018).

Kusnendi. Darojat, O., & Suryadi E. (2003). Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyanto, S. & Evers, H.D. (1982). Sumber Pendapatan, Kebutuhan Pokok dan Perilaku Menyimpang. Jakarta: CV Rajawali Citra Press.

Sulistyoningrum, N. (2010). Standar Pembiayaan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

https://www.kemdikbud.go.id. Diakses pada: 24 Februari 2019

https://www.bps.go.id. Diakses pada: 24 Februari 2019

https://www.bappenas.go.id. Diakses pada: 24 Februari 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International