Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas Xi AKL Di SMK Negeri 1 Pangkalan Bun Tahun Ajaran 2022/2023

Kristya Widya Eka Novena, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Pangkalan Bun Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Pangkalan Bun Tahun Ajaran 2022/2023; (2) Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Pangkalan Bun Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa dan populasi dalam penelitian ini 100 siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Pangkalan Bun. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Gaya Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar Siswa. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data Prestasi Belajar Akuntansi Siswa. Uji Prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji linieritas, uji multikolinieritas, uji normalitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif Gaya Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Pangkalan Bun Tahun Ajaran 2022/2023 dibuktikan dengan rx1y 0,422 dan r2x1y 0,178. (2) Terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Pangkalan Bun Tahun Ajaran 2022/2023 dibuktikan dengan rx2y 0,399 dan r2x2y 0,159.

Kata kunci: Gaya Mengajar Guru, Kemandirian Belajar Siswa, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

References


Ardhianto, W. N., & SHI, M. (2019). Buku sakti pengantar akuntansi. Anak Hebat Indonesia.

Hiemstra, R. (1982). Self-Directed Adult Learning: Some Implications for Practice. Occasional Paper, 2.

Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1), 1-12.

Indah, N. (2019). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Administasi Perkantoran Di Smk Nurul Qalam Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Indriyani, N., Santoso, S., & Sangka, K. B. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.

Lestari, R. S., Purnami, A. S., & Arigiyati, T. A. (2021). Hubungan antara Motivasi Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Matematika dengan Prestasi Belajar Siswa SMK. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 91-100.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmat, H., & Jannatin, M. (2018). Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal PGMI, 10, 98-111.

Rahmawati, P. (2019). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta, 1-236.

Ruron, K. J., & Sadjiarto, A. (2020). Difference in Level of Learning Independence Students Living in Family and Boarding Environment. Jurnal Penelitian Pendidikan, 23, 48-54.

Safari, M., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2014). Analisa Gaya Mengajar Guru Ekonomi Di SMA Negeri Se- Kecamatan Lahat. Jurnal PROFIT, 169-184.

Siregar, E. S. (2018). Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Korespondensi Indonesia SMK Swasta Jambi Medan Tahun ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Suntia, D. (2021). Analisis Gaya Mengajar Guru Dalam Buku Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri, 11-86.

Tasaik, H. L., & Tuasikal, P. (2018). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi. Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 14, 45-55.

Widana, I. W., & Muliani, N. P. L. (2020). Uji Prasyarat Analisis.

Widarto, M. P., & Pd, M. (2023). Penelitian Ex Post Facto. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.