PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, LITERASI KEUANGAN, KEMUDAHAN TRANSAKSI, PREFERENSI RISIKO, TERHADAP MINAT INVESTASI MELALUI FINTECH PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Muhammad Arifin, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Endra Murti Sagoro, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Pengaruh Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan, Kemudahan Transaksi, Preferensi Risiko, Terhadap Minat Investasi Melalui Fintech Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh pengetahuan investasi terhadap minat investasi melalui fintech, 2) Pengaruhvliterasi keuangan terhadap minat investasi melalui fintech, 3) Pengaruh kemudahan transaksi terhadap minat investasi melalui fintech, dan 4) preferensi risiko terhadap minat investasi melalui fintech. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa pendidikan akuntasi Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner melalui google form.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel pengetahuan investasi, literasi keuangan, kemudahan transaksi dan preferensi  risiko berpengaruh terhadap minat investasi melalui fintech Mahasiswa FE UNY. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung 16,358 dengan signifikansi 0,000. Sementara secara parsial penelitian ini menunjukan bahwa variabel yang terbukti berpengaruh signifikan terhadap minat investasi melalui fintech yaitu variabel pengetahuan investasi dan preferensi risiko. Sedangkan variabel kemudahan transaksi dan linterasi keuangan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat investasi melalui fintech.

Kata kunci: Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan, Kemudahan Transaksi, Preferensi Risiko, Minat Investasi.

References


Abdillah, W. (2019). Investasi: Dasar-Dasar dan Strategi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ahdio, A., & Widanaputra, A. A. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Investasi, Risiko Investasi, Dan Kepercayaan Diri Investor Pemula Dalam Melakukan Investasi Saham. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), 180-201.

Alfarauq, M. A., & Yusup, M. (2020). Pengaruh Pengetahuan Pasar Modal Syariah Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Kaum Milenial Garut Di Pasar Modal Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(3), 209-219.

Antoni, E. (2020). Ekonomi investasi: Teori dan aplikasi (Edisi Revisi). Ekonisia.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek (Edisi Revisi 6). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aziz, A. (2019). Pengaruh Return dan Risiko terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Galeri Investasi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 6(1), 23-32.

Cahya, A., & Kusuma, I. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 5(2), 276-289.

Davis, F. D., & Venkatesh, V. (2000). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, 319-340.

Dewi, G. A. K., & Ayu, I. N. S. (2019). Fasilitas Online Trading dan Modal Minimal Investasi pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 26(2), 1205-1233.

Ginantra, I. K., Wijaya, I. M., & Tika, I. B. M. (2020). Pengaruh persepsi kemudahan, manfaat, kepercayaan, dan gaya hidup terhadap minat penggunaan aplikasi dompet digital ovo. E-Jurnal Manajemen Unud, 9(8), 5278-5307.

Halim, A. (2005). Akuntansi keuangan: Teori dan aplikasi. Salemba Empat.

Haming, A. & Basalamah, S. (2010). Investasi: Konsep dan Strategi. Jakarta: Salemba Empat.

Harnovinsah, H., Kusumawati, A., & Dewi, E. (2020). Pengaruh literasi keuangan, sikap dan perilaku terhadap investasi pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(2), 149-163.

Hati, N. E., & Harefa, A. E. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berinvestasi di Pasar Modal Bagi Generasi Milenial (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Batam). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 21(2), 126-137.

Hidajat, E. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi keuangan mahasiswa. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 15(1), 1-17.

Hidayat, S., Suryanto, T., & Hardiyanto, G. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Galeri Investasi Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 14(2), 85-94.

Ismanto, A., Rahardjo, M., & Wulandari, H. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi literasi keuangan pada mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 16(2), 93-107.

Jogiyanto. (2013). Pengantar Pasar Modal. BPFE Yogyakarta.

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem informasi keperilakuan (behavioral information system). Andi.

Junianto, E., Suryana, Y., & Basri, M. (2020). The effect of attitude, subjective norm, perceived behavior control and habit on intention to use e-money: An empirical study in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(8), 331-338.

Kurniawan, R., & Helen, A. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi pada Financial Technology Platform. Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, 7(1), 29-39.

Kusmawati, N. (2011). Psikologi investasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Lestari, E. A. (2018). Pengaruh persepsi kemudahan, kepercayaan, dan kualitas informasi terhadap niat menggunakan sistem informasi akademik. Jurnal Riset Informatika, 1(2), 70-78.

Manan, M. (2017). Pemahaman masyarakat tentang investasi dan pasar modal di Indonesia. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 21(2), 191-204.

Mulyadi, M. (2001). Pengantar bisnis: Perusahaan dan organisasi dalam era globalisasi (5th ed.). Salemba Empat.

Nasution, R. H. (2018). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna dan dampaknya pada niat penggunaan sistem. Jurnal Dinamika Manajemen, 9(2), 110-123.

Negara, I. K. S., & Febrianto, R. (2020). Pengaruh pengetahuan investasi terhadap minat berinvestasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 137-147.

Nurdin, M., Arsyad, M., & Rizal, M. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 5(2), 107-118.

Pajar, R. F., & Pustikaningsih, A. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berinvestasi pada mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 6(1), 23-36.

Risnawati, A., & Hasna, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Milenial Untuk Investasi Di Pasar Modal Melalui Teknologi Fintech. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, 7(1), 68-81.

Roestanto, N. (2017). Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(2), 1-10.

Rumondang, D., Putra, A. K., & Efendi, R. (2019). Fintech: A new era of financial industry. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 546(1), 012006.

Saraswati, E. P., & Wirakusuma, M. G. (2018). Hubungan antara literasi keuangan dan perilaku konsumen di Kota Denpasar. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(1), 1-10.

Siti, R., Rahman, A. R., & Rizal, M. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Manfaat Investasi, Motivasi Investasi, Modal Minimal Investasi dan Return Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram). Jurnal Ekonomi Pembangunan, 19(1), 12-25.

Suherman. (2009). Investasi: Teori, Konsep dan Analisis. Jakarta: Salemba Empat.

Susdiani, E. (2017). Pengaruh literasi keuangan terhadap minat investasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 2(1), 1-10.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi. Kanisius.

Trisnatio, Y. A., & Pustikaningsih, A. (2017). Pengaruh Ekspektasi Return, Persepsi Terhadap Risiko, Dan Self Efficacy Terhadap Minat Investasi Saham Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (JPEB), 5(2), 115-126.

Wardani, A. S. (2020). Pengaruh persepsi risiko terhadap minat berinvestasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 16(2), 112-124.

Wibowo, A., & Purwohandoko, E. (2019). Pengaruh karakteristik investor, pengetahuan pasar modal, dan pengalaman investasi terhadap minat investasi pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 26(1), 80-94.

Widioatmodjo, A. (2014). Panduan praktis investasi saham untuk pemula. Elex Media Komputindo.

Widioatmodjo, D. (2014). Investasi dan pasar modal. Jakarta: Salemba Empat.

Wildan, A. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat investasi saham pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2), 1-10.

Wildan. (2018). Fintech Indonesia: Market analysis. Diperoleh dari https://id.techinasia.com/fintech-indonesia-market-analysis

Wulandari, N. A., Utami, D. W., & Sugiyarti, S. (2020). Minat investasi saham dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada mahasiswa jurusan ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas X. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 23(2), 137-145.

Yudha, T. A., Faiz, F., & Ratnasari, D. (2020). Fintech: Platform solusi layanan keuangan yang terintegrasi. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(1), 26-35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.