PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN ONLINE, GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN
RR. Indah Mustikawati, Staf Pengajar Jurursan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Non Probability Sampling; Accidental Sampling yaitu sejumlah 85 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan yang dibuktikan dengan rxly = 0,596; r2xly = 0,355; thitung (6,765) ≥ ttabel (1,663). 2) Terdapat pengaruh positif positif Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan yang dibuktikan dengan rxly = 0,376; r2xly = 0,142; thitung (3,700) ≥ ttabel (1,663). 3) Terdapat pengaruh positif positif Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan yang dibuktikan dengan dengan rxly = 0,475; r2xly = 0,226; thitung (4,923) ≥ ttabel (1,663). 4) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Pembelajaran Online, Gaya Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan yang dibuktikan dengan Ry(1,2,3) = 0,627; R2y(1,2,3) = 0,393; Fhitung (17,510) ≥ Ftabel (2,717).
Kata kunci: Persepsi Siswa tentang Pembelajaran Online, Gaya Belajar, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar Akuntansi Keuangan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.