PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, EFIKASI DIRI, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Dhyah Setyorini, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Pengaruh Motivasi Belajar, Efikasi Diri dan Lingkungan Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar, Efikasi Diri, dan Lingkungan Belajar secara parsial Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK N 2 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu 106 siswa kelas XI jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK N 2 Purworejo. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi ganda dan uji-t. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Motivasi Belajar berpengaruh positif terhadap Kemandirian Belajar siswa dari hasil koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,685; sumbangan efektif sebesar 20,07%; nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 9,602 > 1,98260 pada signifikansi 5%. 2) Efikasi Diri berpengaruh positif terhadap Kemandirian Belajar siswa dari hasil koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,691; sumbangan efektif sebesar 19,74%; nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 9,775 > 1,98260 pada signifikansi 5%. 3) Lingkungan Belajarberpengaruh positif terhadap Kemandirian Belajar siswa dari hasil koefisien korelasi (rx3y) menunjukkan nilai positif sebesar 0,610; sumbangan efektif sebesar 12,99 % dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 7,859 > 1,98260 pada signifikansi 5%.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Efikasi Diri, Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.