PENGARUH KONSEP DIRI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID-19 KELAS X AKL SMKN 1 NGAWI

Ferrari Nur Azziza, Pendidikan Akuntansi , Universitas Negeri Yogyakarta
Abdullah Taman, Staf Pengajar Jurursan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk Mengetahui pengaruh Konsep Diri dan Fasilitas Belajar secara simultan berpengaruh terhadap Kemandirian Belajar peserta didik kelas X AKL di SMKN 1 Ngawi pada pembelajaran dalam jaringan (daring) di masa Pandemi COVID-19 di kelas X akl SMKN 1 Ngawi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner online (google form). Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas X AKL SMKN 1 Ngawi dengan jumlah 143 Siswa. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya adanya pengaruh positif dan signifikan Konsep Diri dan Fasilitas Belajar terhadap Kemandirian Belajar pada pembelajaran dalam jaringan (daring) di masa Pandemi COVID-19 di kelas X AKL SMKN 1 Ngawi.

 

Kata Kunci: Konsep Diri, Fasilitas Belajar, Kemandirian Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.