PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “ARFORBA (AR FOR RIBA)” BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH ASPEK RIBA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Ratna Candra sari, Staff Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi UNY Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan “ARFORBA” berbasis augmented reality sebagai media pembelajaran literasi keuangan syariah Aspek riba untuk siswa sekolah dasar; 2) mengetahui kelayakan “ARFORBA” berbasis augmented reality sebagai media pembelajaran literasi keuangan syariah aspek riba untuk siswa sekolah dasar; dan 3) mengetahui peningkatan literasi keuangan syariah aspek riba dengan menggunakan “ARFORBA”. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang terdiri atas 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru, skor rata-rata aspek materi adalah sebesar 4,761 (Sangat Layak), dan aspek media sebesar 4,427 (Sangat Layak). Berdasarkan respon siswa pada uji pengembangan menunjukkan bahwa rata-rata aspek materi sebesar 4,63 (Sangat Layak), aspek media sebesar 4,6 (Sangat Layak), dan aspek Bahasa 4,45 (Sangat Layak). Hasil uji validasi menunjukan pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 29 dan nilai gain sebesar 0,622 (Sedang). Sedangkan pada kelas kontrol hanya menunjukan peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 5 dan nilai gain 0,185 (Rendah).
Kata Kunci: ARFORBA, Augmented Reality, Media Pemeblajaran, Riba, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.