EFEKTIVITAS METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ADMINISTRASI PAJAK

Widya Lupita, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Sukirno Sukirno, Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Efektivitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat Belajar Administrasi Pajak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode mind mapping guna meningkatkan minat belajar mata pelajaran administrasi pajak siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen dengan pendekatan kuntitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-test Post-test Control Group. Populasi penelitian ini berjumlah 69 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 46 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah dengan teknik kuesioner (angket), wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji prasyarat dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan efektivitas yang signifikan metode mind mapping terhadap minat belajar siswa akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara.

 

Kata kunci: minat belajar, metode mind mapping, eksperimen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.