IMPLEMENTASI MODEL STAD BERBANTU KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI SISWA
Sukirno Sukirno, Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Implementasi Model STAD Berbantu Komik untuk Meningkatkan Minat Belajar Akuntansi Siswa SMA Negeri 1 Patuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Belajar Akuntansi Siswa melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbantu Komik Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Patuk Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Stephen Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kuantitaif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran STAD Berbantu Komik dapat Meningkatkan Minat Belajar Akuntansi Siswa dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II yakni pada siklus I sebesar 75.64% dan pada siklus II sebesar 94.18% sehingga terjadi peningkatan Minat Belajar Siswa sebesar 18.55%.
Kata kunci: Minat belajar siswa, STAD, Komik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.