HUBUNGAN TANDA-TANDA VITAL DAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA REMAJA PUTRI

Sovi Amalia Devi, , Indonesia
Tutiek Rahayu, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai tanda-tanda vital, kadar hemoglobin dan
tingkat konsentrasi remaja putri, serta hubungan tanda-tanda vital dan kadar hemoglobin dengan
konsentrasi belajar pada remaja putri. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa FMIPA UNY yang
berumur 17- 24 tahun sejumlah 35 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan
desain studi cross sectional. Variabel bebas yaitu tanda-tanda vital yang meliputi denyut nadi, tekanan
darah dan laju pernapasan dan variabel terikat yaitu tingkat konsentrasi belajar. Teknik sampling yang
digunakan adalah purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini meliputi tabel data tanda vital
remaja putri, tes Bourdon Wiersma, dan seperangkat alat-alat yaitu tensimeter dan Hb meter. Hasil
penelitian menunjukkan nilai tanda-tanda vital yaitu denyut nadi sebesar 79,62 kali/menit, tekanan
darah sebesar 105/74 mmHg, laju pernapasan sebesar 22 kali/menit, dan kadar hemoglobin seberar
12,00 g/dl, nilai tersebut sesuai dengan standar dari kementrian kesehatan. Tingkat konsentrasi belajar
pada remaja putri yaitu kecepatan tergolong baik (4,45), ketelitian tergolong ragu-ragu (17,8), dan
konstansi tergolong cukup baik (2,0). Berdasarkan uji korelasi Spearman, hubungan sangat lemah
antara tanda-tanda vital dan kadar hemoglobin dengan konsentrasi belajar pada remaja putri .
Kata kunci: tanda-tanda vital, kadar hemoglobin, remaja putri, tingkat konsentrasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v7i4.13239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.