PERBANDINGAN KECOCOKAN MODEL ANALISIS BUTIR DATA DIKOTOMI DENGAN TEORI RESPON BUTIR
Heri Retnawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk mengetahui karakteristik butir soal suatu perangkat tes dan mendeskripsikan kemampuan hasil ujian tulis Bahasa Inggris mahasiswa Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder sebanyak 1500 respons peserta tes terhadap soal ujian tulis yang menempuh bahasa Inggris manajemen pada ujian akhir semester di sebuah universitas negeri tahun 2022 se-Indonesia. Teknik analisis data dengan teori respons butir dikotomi meliputi kecocokan model Rasch, 1PL, 2PL, 3PL, dan 4PL yang dilakukan dengan metode Yen’s Q1 serta memperhatikan nilai Akaike Information Criterion (AIC) dan Bayesian Information Criterion (BIC). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecocokan model Rasch sebanyak 6 butir; (2) kecocokan model 1PL sebanyak 6 butir; (3) kecocokan model 2PL; (4) sebanyak 11 butir; (5) kecocokan model 3PL sebanyak 19 butir; (6) kecocokan model 4PL sebanyak 19 butir. Selain itu, pada model 4PL menunjukkan nilai terendah untuk AIC dan BIC, dengan nilai AIC sebesar 37967,02 dan nilai BIC sebesar 38498,34. Nilai fungsi informasi yang maksimum sebesar 18,51 pada kemampuan sebesar 1,07 dengan tingkat kesalahan pengukuran baku (SEM) sebesar 1. Selain itu, nilai fungsi informasi akan lebih tinggi daripada SEM ketika kemampuan berkisar -2,8 hingga +1,8.
Keywords
References
Akbar, R. O. (2021). Comparative Analysis of Question Item Parameters and Students' Ability between Dichotomy and Polytomic Score Versions; Research on Mathematics National Exam Test Participants. http://i-jeh.com/index.php/ijeh/index
Antoniou Faye, Alkhadim G., Mouzaki A., Simos P. (2022). A psychometric analysis of raven’s colored progressive matrices: Evaluating guessing and carelessness using the 4pl item respons theory model. Journal of intelligence. https://doi.org/10.3390/jintelligence100100006
Brak, Lucy. B. (2023). A 4pl item response theory examination of perceived stigma in the screening of eating disorders. https://doi.org/10.1007/s40519-023-01604-w
Anisa (2013). Pengaruh penggunaan web dengan software berbasis open source terhadap peningkatan berpikir kreatif siswa (Skripsi UPI, Bandung).
Chalmers, R. P. (2012). mirt: A multidimensional item response theory package for the R environment. Journal of Statistical Software, 48(6), 1-29.
Fatkhudin, A., Surarso, B., & Subagio, A. (2014). Item response theory model empat parameter logistik pada computerized adaptive test. Jurnal Sistem Informasi Bisnis.
Hambelton, R.K. (1991). Fundamentals of item response theory. California: Sage Publications, Inc.
Kalkan, Ö. K., & Çuhadar, İ. (2020). An evaluation of 4pl irt and dina models for estimating pseudo-guessing and slipping parameters. Journal of Measurement and Evaluation in Education and Psychology, 11(2), 131–146. https://doi.org/10.21031/epod.660273.
Kasali, J., & Adeyemi, A. A. (2022). Model-data fit using akaike information criterion (aic), bayesian information criterion (bic), and the sample-size-adjusted bic. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 4(1), 43–51. https://doi.org/10.21580/square.2022.4.1.11297.
Le, S., Josse, J., & Husson, F. (2008). FactoMineR: An R package for multivariate analysis. Journal of Statistical Software, 25(1).
Loken, E., & Rulison, K. L. (2010). Estimation of a four-parameter item response theory model. British Journal of Mathematical and Statistical Psychology, 63(3), 509–525. https://doi.org/10.1348/000711009X474502.
Paek, I., & Cole, K. (2020). Using R for item response theory model applications. Routledge.
Pardede, T., Sabtoso, A., Diki, Retnawati, H., Rafi, I., Apino, E., Rosyada, M. N. (2023). Gaining a deeper understanding of the meaning of the carelessness parameter in the 4PL IRT model and strategies for estimating it.
Robitzsch, A. (2022). Four parameter guessing model and related item response models. https://doi.org/10.3390/mca27060095
Retnawati, H. (2014). Teori respons butir dan penerapannya: Untuk penelitian, praktisi pengukuran dan pengujian, mahasiswa pascasarjana. Yogyakarta: Nuha Medika.
Saepuzaman, D., Istiyono, E., Haryanto, Retnawati, H., Yustiandi. (2021). Analisis Karakteristik Butir Soal Fisika Dengan Pendekatan IRT Penskoran Dikotomus dan Politomus. https://doi.org/10.37729/radiasi.v14i2.1200
Sudaryono (2011). Implementasi teori respon butir (item response theory) pada penilaian hasil belajar akhir sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(6).
Noventa, S., Ye, S., Kelava. A. (2024). On the identifiability of 3- and 4-parameter item response theory models from the perspective of knowledge space theory. https://doi.org/10.1007/s11336-024-09950-z
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Statistika dan Sains Data
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9649
Jurnal Statistika dan Sains Data by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jssd is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
JSSD Statistics |