PENGARUH PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA

Ina Rohmawati, , Indonesia
Eli Rohaeti, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kemandirian dan prestasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa strategi tersebut, apabila pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Cangkringan tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 96 siswa. Sampel penelitian meliputi satu kelas eksperimen dengan 24 siswa dan 24 siswa pada kelas kontrol. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji t sama subjek, uji t beda subjek, dan anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemandirian belajar kimia siswa antara sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here. Tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemandirian belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa strategi tersebut. Ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa strategi tersebut, apabila pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i3.3787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia