PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SELF-EFFICACY DAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA

Safira Eka Dewi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Das Salirawati, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh penerapan model PBL terhadap efikasi diri dan kemandirian serta (2) ada tidaknya peningkatan efikasi diri dan kemandirian peserta didik kelas XI pada materi Asam Basa di SMA Negeri di Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen yang menggunakan One-Group Pretest-Posttest dengan variabel bebas berupa model PBL, variabel terikat berupa efikasi diri dan kemandirian yang dinyatakan dalam bentuk kategori. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri di Bantul yang terdiri dari 1 kelas penelitian. Efikasi diri dan kemandirian diukur dengan menggunakan angket yang telah divalidasi oleh satu dosen ahli untuk mengetahui kelayakan instrumen. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test. Analisis data menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai signifikan sebesar 0.049 untuk efikasi diri peserta didik, artinya ada perbedaan efikasi diri awal dan akhir peserta didik yang menggunakan model PBL. Kemandirian mempunyai nilai signifikan sebesar 0.377, artinya tidak ada perbedaan kemandirian awal dan akhir peserta didik yang menggunakan model PBL.

Full Text:

PDF

References


Akinoglu, Orhan dan Ozkardes, Ruhan. (2007). The effects of problem-based active learning in science education on students’ academic achievement, attitude and concept learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education 2007. 3 (1): 71-81.

Chang, R. (2003). Kimia dasar konsep-konsep inti edisi ketiga jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Dewi, S. A., Susilaningsih, E., & Sulistyaningsih, T. (2018). Conceptual Understanding Analysis Through Two-Tier Model Diagnostic Tests on Acid-Base Materials. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3), 160.

Hamiyah, Nur & Muhamad Jauhar. (2014). Strategi belajar-mengajar di kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Kemendiknas. (2010). Pendidikan karakter di sekolah menengah pertama. Jakarta: Depdiknas.

Kirbulut, Z. D., & Uzuntiryaki-Kondakci, E. (2019). Examining the mediating effect of science self-efficacy on the relationship between metavariables and science achievement. International Journal of Science Education. 41(8): 995-1014.

Liu, et al. (2006). Middle school’s self-efficacy, attitudes, and achievement in a computer-enhanced problem-based learning environment. Journal of Interactive Learnning Research. Vol. 17, No. 3, pp 225 -242.

Magdalena, R. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) serta pengaruhnya terhadap hasil belajar biologi siswa sma negeri 5 kelas xi kota samarinda tahun ajaran 2015. Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi UNS 299 SP-005-010.13, pp. 299-306. Solo: Proceeding Biology Education Conference.

Memnun, D. S., L. C. Hart, & R. Akhaya. (2012). A research on the mathematical problem solving beliefs of mathematics, science and elementary pre-service teacher in turkey in terms of different variables. International Journal of Humanities and Social Science. 2(24): 172-184.

Nurhayati, Eti. (2011). Bimbingan konseling dan psikoterapi inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Savery, J. R. (2006). overview of problem-based learning: definitions and distinctions. interdisciplinary journal of problem-based learning. Vol.1, No. 1-9.

Sirhan, G. (2007). Learning Difficulties in Chemistry: An Overview. Journal of Turkish Science Education, 4(2), 2–20.

Tahar, I., & Enceng, E. (2006). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 7(2): 91-101.

Wiratmaja, C. G. A., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap self-efficacy dan emotional intelligence siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia. 4(1).

Wolters, C. A., & Pintrich, P. R. (1998). Contextual differences in student motivation and self-regulated learning in mathematics, English, and social studies classrooms. Instructional science. 26(1): 27-47.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v8i1.20622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia