PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK SMA KELAS XI MATERI ASAM BASA

Winda Putri Permata Sari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menentukan karakteristik, dan mengetahui kualitas e-modul asam basa berbasis green chemistry yang diakses melalui link website http://bitly.ws/sB4f. Karakteristik produk ditentukan berdasarkan validasi ahli pembelajaran kimia dan penilaian kualitas berdasarkan uji kedapatgunaan oleh reviewer (guru) dan uji keterbacaan siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan four-D model (4D). Tahapan yang dilakukan dalam model pengembangan 4D adalah define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Penilaian kualitas e-modul dilakukan oleh 6 reviewer yaitu guru kimia kelas XI di SMA Negeri di Kabupaten Sleman dan 60 siswa kelas XI. Penelitian ini menghasilkan e-modul  asam basa berbasis green chemistry dengan 4 kegiatan belajar yaitu asam basa di lingkungan sekitar, teori asam basa, derajat keasaman (pH), indikator asam basa yang dilengkapi dengan info greenmist, fitur link, dan video pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian kualitas oleh reviewer diperoleh skor rata-rata secara keseluruhan terhadap produk sebesar 101,8 dari skor maksimal 115, persentase keidealan 88,5 % yang termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Hasil uji keterbacaan siswa diperoleh skor rata-rata secara keseluruhan sebesar 77,67 dari skor maksimal 90, persentase keidealan 86,3%  yang termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB), sehingga e-modul dapat digunakan guru dan siswa sebagai sumber belajar mandiri yang dapat meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Cann, M. (2009). Greening the chemistry lecturer curriculum: Now is the time to infuse existing mainstream textbooks with green chemistry. Journal of American Chemical Society, 93-100.

Daryanto. (2013). Inovasi pembelajaran efektif. Yrma Widya.

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul interaktif berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 433–441.

Erlina. (2012). Deskripsi kemampuan berpikir formal mahasiswa pendidikan kimia Universitas Tanjungpura. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 6(3), 631–640. https://doi.org/10.26418/jvip.v6i3.56

Haack J.A., Hutchison, J.E., Kirchoff, M.M., & Levy, I.J. (2005). Going green: Lecture assignments and lab experiences for the college curriculum. Journal of Chemical Education, 82(7), 974-976.

Jones, O. A., Spichkov, M., & Spencer, M. J. (2018). Chirality-2: development of a multilevel mobile gaming app to support the teaching of introductory undergraduate-level organic chemistry. Journal Of Chemical Education, 95(7), 1216-1220.

Juanjuan, M., & Shengli, H. (2020). Evaluating chinese secondary school students’ understanding of green chemistry. Science Education International, 31(2), 209–219. https://doi.org/10.33828/sei.v31.i2.11

Karpudewan, M., Ismail, Z., & Mohamed, N. (2011). Greening a chemistry teaching methods course at the school of educational. Journal of Education for Sustainable Development, 5(2), 197–214.

Klingshirn, M. A., & Spessard, G. O. (2009). Integrating green chemistry into the introductory chemistry curriculum. Journal of American Chemical Society, 1011(5), 79–92. https://doi.org/10.1021/bk-2009-1011.ch005

Mitarlis, Ibnu, S., Rahayu, S., & Sutrisno. (2017). Environmental literacy with green chemistry oriented in 21st century learning. AIP Conference Proceedings, 1911(1). https://doi.org/10.1063/1.5016013

Musfiqon.(2012). Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar. Prestasi Pustakakarya.

Nugraha, A., Subarkah, C. Z., & Sari. (2015). Penggunaan e-module pembelajaran pada konsep sifat koligatif larutan untuk mengembangkan literasi kimia siswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 201-204.

Nurisa, I., dan Sulistyo, I., 2019, Measuring student chemistry literacy ability of acid and base concepts. International Journal of Advanced Research, 5 , 850-856.

Perosa, A., Gonella, F., & Spagnolo, S. (2019). Systems thinking: adopting an emergy perspective as a tool for teaching green chemistry. Journal of Chemical Education, 96(12), 2784–2793. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.9b00377

Subamia, I. D. P., Wahyuni, I. G. A. N. S., & Widiasih, N. N. (2017). Identifikasi, karakterisasi, dan solusi alternatif pengelolaan limbah laboratorium kimia. Seminar Nasional Riset Inovatif, 54/58. http://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/ article/download/903/642/ (diakses pada 6 Mei 2020)

Syamsurizal, Haryanto, & Chairani, N. (2015). Pengembangan e-modul berbasis keterampilan proses sains pada materi kesetimbangan kimia untuk tingkat SMA. Prosiding SEMIRATA, 655–661.




DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v8i1.20618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia