PENGEMBANGAN ANDROID MOBILE GAME “CHEMFLO” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA KELAS X PADA MATERI IKATAN KIMIA
KH Sugijarto, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan android mobile game “ChemFlo” sebagai
media pembelajaran pada materi ikatan kimia SMA/MA kelas X; (2) Mengetahui kualitas dan
kelayakan android mobile game “ChemFlo” sebagai media pembelajaran pada materi ikatan kimia
SMA/MA Kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain penelitian yang
digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE models yaitu, (1) Analysis ; (2) Design ; (3)
Development ; (4) Implementation ; (5) Evaluation. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan
kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pengembangan dengan model
pengembangan ADDIE menghasilkan android mobile game “ChemFlo” sebagai media pembelajaran
pada materi ikatan kimia SMA/MA Kelas X ; dan (2) Berdasarkan penilaian guru kimia (reviewer),
skor rata-rata () mobile game “ChemFlo” adalah 110 ( > 105), sehingga termasuk dalam kualitas
Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 88.00%. Berdasarkan penilaian 58 peserta didik, skor
rata-rata () mobile game “ChemFlo” adalah 75.37 (64.6< ≤ 79.8), sehingga termasuk dalam
kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 79.35%. Peserta didik menganggap mobile game
“ChemFlo” menarik, menyenangkan, dan menambah ketertarikan dalam mempelajari kimia. Media
Pembelajaran berupa android mobile game “ChemFlo” layak dijadikan sebagai media pembelajaran
kimia SMA/MA pada materi ikatan kimia.
Kata kunci : Media pembelajaran, mobile game, android, ikatan kimia,
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan android mobile game “ChemFlo” sebagai
media pembelajaran pada materi ikatan kimia SMA/MA kelas X; (2) Mengetahui kualitas dan
kelayakan android mobile game “ChemFlo” sebagai media pembelajaran pada materi ikatan kimia
SMA/MA Kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain penelitian yang
digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE models yaitu, (1) Analysis ; (2) Design ; (3)
Development ; (4) Implementation ; (5) Evaluation. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan
kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pengembangan dengan model
pengembangan ADDIE menghasilkan android mobile game “ChemFlo” sebagai media pembelajaran
pada materi ikatan kimia SMA/MA Kelas X ; dan (2) Berdasarkan penilaian guru kimia (reviewer),
skor rata-rata () mobile game “ChemFlo” adalah 110 ( > 105), sehingga termasuk dalam kualitas
Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 88.00%. Berdasarkan penilaian 58 peserta didik, skor
rata-rata () mobile game “ChemFlo” adalah 75.37 (64.6< ≤ 79.8), sehingga termasuk dalam
kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 79.35%. Peserta didik menganggap mobile game
“ChemFlo” menarik, menyenangkan, dan menambah ketertarikan dalam mempelajari kimia. Media
Pembelajaran berupa android mobile game “ChemFlo” layak dijadikan sebagai media pembelajaran
kimia SMA/MA pada materi ikatan kimia.
Kata kunci : Media pembelajaran, mobile game, android, ikatan kimia,
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i1.13358
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia