EFEKTIVITAS MEDIA DALAM PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP

Defy Kusumaningrum, , Indonesia
Sahid ., , Indonesia

Abstract


Penelitian quasi experiment ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pembelajaran
bangun ruang sisi datar dengan pendekatan guided discovery antara yang berbantuan GeoGebra dan
yang berbantuan alat peraga dengan desain penelitian pretest-posttest group design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Muntilan tahun pelajaran 2016/2017, sedangkan
sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIIIA dan VIIIC. Instrumen penelitian ini adalah
instrumen tes kemampuan pemecahan masalah, angket sikap terhadap matematika, dan lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran
berbantuan GeoGebra efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan sikap terhadap
matematika, sedangkan pembelajaran berbantuan alat peraga tidak efektif ditinjau dari kemampuan
pemecahan masalah tetapi efektif ditinjau dari sikap terhadap matematika.
Kata kunci: GeoGebra, alat peraga, guided discovery

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i7.7863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia