EFEKTIVITAS MODEL PENEMUAN TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Himmawati Puji Lestari, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan perbandingan efektivitas dari model penemuan
terbimbing dan model problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
kelas VII SMP N 2 Piyungan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pretestposttest
group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Piyungan tahun ajaran
2016/2017 sebanyak 160 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas VII D sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen
pertama dengan model penemuan terbimbing, sedangkan siswa kelas VII C sebanyak 26 siswa sebagai kelas
eksperimen kedua dengan model problem based learning. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika (pretest dan posttest).
Uji statistik yang digunakan adalah one sample t-test dan independent samples t-test dengan = 0,05. Berdasarkan
hasil uji statistik disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan model penemuan terbimbing efektif ditinjau dari
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) pembelajaran dengan model problem based learning
efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (3) model penemuan terbimbing dan model
problem based learning sama efektifnya ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Kata kunci: penemuan terbimbing, problem based learning, pemecahan masalah
terbimbing dan model problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
kelas VII SMP N 2 Piyungan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pretestposttest
group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Piyungan tahun ajaran
2016/2017 sebanyak 160 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas VII D sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen
pertama dengan model penemuan terbimbing, sedangkan siswa kelas VII C sebanyak 26 siswa sebagai kelas
eksperimen kedua dengan model problem based learning. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika (pretest dan posttest).
Uji statistik yang digunakan adalah one sample t-test dan independent samples t-test dengan = 0,05. Berdasarkan
hasil uji statistik disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan model penemuan terbimbing efektif ditinjau dari
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) pembelajaran dengan model problem based learning
efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (3) model penemuan terbimbing dan model
problem based learning sama efektifnya ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Kata kunci: penemuan terbimbing, problem based learning, pemecahan masalah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i6.7844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia