EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI SETTING KOOPERATIF STAD DITINJAU DARI PRESTASI DAN MOTIVASI SISWA SMP KELAS VIII
Rosnawati ., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keefektifan pendekatan saintifik
ditinjau dari prestasi dan motivasi, 2) keefektifan pendekatan saintifik melalui setting
kooperatif STAD ditinjau dari prestasi dan motivasi, 3) pembelajaran yang lebih efektif
antara pendekatan saintifik melalui setting kooperatif STAD dengan pendekatan saintifik
ditinjau dari prestasi dan motivasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy
experiment dengan design non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Ngaglik dengan sampel penelitian berjumlah
54 siswa secara acak sederhana (simple random sampling) di SMP PIRI Ngaglik. Statistik
uji dilakukan dengan menggunakan uji Hotelling’s Trace. Berdasarkan data yang
diperoleh, posttest prestasi dari kelas kontrol dan eksperimen berturut-turut adalah 75,58
dan 80,83. Sedangkan posttest motivasi dari kelas kontrol dan eksperimen berturut-turut
adalah 81,23 dan 82,22. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa
1) Pendekatan saintifik terbukti efektif digunakan untuk kegiatan pembelajaran ditinjau
dari prestasi dan motivasi, 2) Pendekatan saintifik melalui setting pembelajaran
kooperatif STAD terbukti efektif digunakan untuk kegiatan pembelajaran ditinjau dari
prestasi dan motivasi, 3) Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan
saintifik melalui setting STAD lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan
pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi dan motivasi.
Kata kunci: Saintifik, STAD, motivasi, prestasi
ditinjau dari prestasi dan motivasi, 2) keefektifan pendekatan saintifik melalui setting
kooperatif STAD ditinjau dari prestasi dan motivasi, 3) pembelajaran yang lebih efektif
antara pendekatan saintifik melalui setting kooperatif STAD dengan pendekatan saintifik
ditinjau dari prestasi dan motivasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy
experiment dengan design non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Ngaglik dengan sampel penelitian berjumlah
54 siswa secara acak sederhana (simple random sampling) di SMP PIRI Ngaglik. Statistik
uji dilakukan dengan menggunakan uji Hotelling’s Trace. Berdasarkan data yang
diperoleh, posttest prestasi dari kelas kontrol dan eksperimen berturut-turut adalah 75,58
dan 80,83. Sedangkan posttest motivasi dari kelas kontrol dan eksperimen berturut-turut
adalah 81,23 dan 82,22. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa
1) Pendekatan saintifik terbukti efektif digunakan untuk kegiatan pembelajaran ditinjau
dari prestasi dan motivasi, 2) Pendekatan saintifik melalui setting pembelajaran
kooperatif STAD terbukti efektif digunakan untuk kegiatan pembelajaran ditinjau dari
prestasi dan motivasi, 3) Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan
saintifik melalui setting STAD lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan
pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi dan motivasi.
Kata kunci: Saintifik, STAD, motivasi, prestasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i6.7841
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia