KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SETTING TAI DITINJAU DARI MINAT DAN PRESTASI BELAJAR
Dhoriva Urwatul Wustqa, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan
pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI)
ditinjau dari minat dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Sanden. Jenis penelitian ini adalah
quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest non-equivalent control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sanden yang terdiri dari 160
siswa. Sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas
eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan: (1) pendekatan
kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization efektif ditinjau
dari minat belajar siswa kelas VIII SMP, (2) pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran
kooperatif Team Assisted Individualization efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP,
(3) pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari minat belajar siswa kelas VIII SMP, (4)
pembelajaran konvensional efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP, (5) pendekatan
kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif TAI lebih efektif daripada pembelajaran
konvensional ditinjau dari minat belajar siswa kelas VIII SMP, (6) pendekatan kontekstual dengan
setting pembelajaran kooperatif TAI lebih efektif daripada pembelajaran konvensional ditinjau dari
prestasi belajar siswa kelas VIII SMP.
Kata kunci: pendekatan kontekstual, setting Team Assisted Individualization (TAI), pembelajaran
konvensional, minat belajar, prestasi belajar
pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI)
ditinjau dari minat dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Sanden. Jenis penelitian ini adalah
quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest non-equivalent control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sanden yang terdiri dari 160
siswa. Sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas
eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan: (1) pendekatan
kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization efektif ditinjau
dari minat belajar siswa kelas VIII SMP, (2) pendekatan kontekstual dengan setting pembelajaran
kooperatif Team Assisted Individualization efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP,
(3) pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari minat belajar siswa kelas VIII SMP, (4)
pembelajaran konvensional efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas VIII SMP, (5) pendekatan
kontekstual dengan setting pembelajaran kooperatif TAI lebih efektif daripada pembelajaran
konvensional ditinjau dari minat belajar siswa kelas VIII SMP, (6) pendekatan kontekstual dengan
setting pembelajaran kooperatif TAI lebih efektif daripada pembelajaran konvensional ditinjau dari
prestasi belajar siswa kelas VIII SMP.
Kata kunci: pendekatan kontekstual, setting Team Assisted Individualization (TAI), pembelajaran
konvensional, minat belajar, prestasi belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i6.7824
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia