EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN
Sugiman ., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan matematika realistik
dan pendekatan konvensioanal serta mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif antara
pendekatan matematika realistik dan pendekatan konvensional pada pembelajaran matematika
ditinjau dari kemampuan penalaran. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan
subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sleman, kelas VII A sebagai
kelas eksperimen, dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan uji-t dengan α=5%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas
eksperimen dan kontrol berturut-turut sebesar 89,63 dan 84,74. Pendekatan matematika
realistik dan konvensional dikatakan efektif ditinjau dari kemampuan penalaran jika rata-rata
nilai posttest lebih dari 70. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pendekatan matematika
realistik efektif ditinjau dari kemampuan penalaran, pendekatan konvensional efektif ditinjau
dari kemampuan penalaran, dan pendekatan matematika realistik lebih efektif daripada
pendekatan konvensional dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan penalaran
siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sleman.
Kata kunci: pendekatan konvensioanal, pendekatan matematika realistik, kemampuan
penalaran
dan pendekatan konvensioanal serta mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif antara
pendekatan matematika realistik dan pendekatan konvensional pada pembelajaran matematika
ditinjau dari kemampuan penalaran. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan
subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sleman, kelas VII A sebagai
kelas eksperimen, dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan uji-t dengan α=5%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas
eksperimen dan kontrol berturut-turut sebesar 89,63 dan 84,74. Pendekatan matematika
realistik dan konvensional dikatakan efektif ditinjau dari kemampuan penalaran jika rata-rata
nilai posttest lebih dari 70. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pendekatan matematika
realistik efektif ditinjau dari kemampuan penalaran, pendekatan konvensional efektif ditinjau
dari kemampuan penalaran, dan pendekatan matematika realistik lebih efektif daripada
pendekatan konvensional dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan penalaran
siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sleman.
Kata kunci: pendekatan konvensioanal, pendekatan matematika realistik, kemampuan
penalaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i5.7798
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia