KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN CONTOH TERAPAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATHEMATICS WORD PROBLEM SISWA SMP
Jailani ., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model problem based learning dengan contoh
terapan dan model saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah serta mendeskripsikan pembelajaran
yang lebih efektif di antara keduanya. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control
group. Sampel penelitian adalah 68 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cepiring yang terbagi menjadi 34 siswa dalam
kelas eksperimen dan 34 siswa dalam kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji-t dengan
α=5%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata dan varians posttest kelas eksperimen 81,76 dan 66,13, sedangkan
kelas kontrol 77,77 dan 59,38. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa model problem based learning dengan
contoh terapan dan model saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah mathematics word
problem, serta model problem based learning dengan contoh terapan lebih efektif dibandingkan dengan model
saintifik.
Kata kunci: problem based learning, contoh terapan, pemecahan masalah mathematics word problem
terapan dan model saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah serta mendeskripsikan pembelajaran
yang lebih efektif di antara keduanya. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control
group. Sampel penelitian adalah 68 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cepiring yang terbagi menjadi 34 siswa dalam
kelas eksperimen dan 34 siswa dalam kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji-t dengan
α=5%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata dan varians posttest kelas eksperimen 81,76 dan 66,13, sedangkan
kelas kontrol 77,77 dan 59,38. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa model problem based learning dengan
contoh terapan dan model saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah mathematics word
problem, serta model problem based learning dengan contoh terapan lebih efektif dibandingkan dengan model
saintifik.
Kata kunci: problem based learning, contoh terapan, pemecahan masalah mathematics word problem
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i4.6977
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia