EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT DITINJAU DARI PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA
Ali Mahmudi, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran kontekstual dengan strategi
REACT dan pembelajaran saintifik ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas
VII di MTs Negeri 1 Sragen.
Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest group
design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Sragen sebanyak 10 kelas dengan total
364 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII F dengan
38 siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran saintifik sebagai kelas
kontrol dan kelas VII G dengan 37 siswa yang mendapatkan perlakuan menggunakan pembelajaran
kontekstual dengan strategi REACT sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah intrumen tes untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa, angket motivasi
belajar, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan dua cara
yakni: 1) one sample t-test digunakan untuk menyelidiki Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan
Strategi REACT dan Pembelajaran Saintifik; dan 2) Multivariate Analysis of Variance (Manova),
digunakan untuk menyelidiki perbedaan Efektivitas Antara Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi
REACT dan Pembelajaran Saintifik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT
efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen,
(2) pembelajaran saintifik efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII
di MTs Negeri 1 Sragen. (3) tidak terdapat perbedaan signifikan antara pembelajaran kontekstual
dengan strategi REACT dan pembelajaran saintifik ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar
matematika siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen.
Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Strategi REACT, Pembelajaran Saintifik, Prestasi Belajar,
Motivasi Belajar
REACT dan pembelajaran saintifik ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas
VII di MTs Negeri 1 Sragen.
Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest group
design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Sragen sebanyak 10 kelas dengan total
364 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VII F dengan
38 siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran saintifik sebagai kelas
kontrol dan kelas VII G dengan 37 siswa yang mendapatkan perlakuan menggunakan pembelajaran
kontekstual dengan strategi REACT sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah intrumen tes untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa, angket motivasi
belajar, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan dua cara
yakni: 1) one sample t-test digunakan untuk menyelidiki Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan
Strategi REACT dan Pembelajaran Saintifik; dan 2) Multivariate Analysis of Variance (Manova),
digunakan untuk menyelidiki perbedaan Efektivitas Antara Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi
REACT dan Pembelajaran Saintifik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT
efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen,
(2) pembelajaran saintifik efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII
di MTs Negeri 1 Sragen. (3) tidak terdapat perbedaan signifikan antara pembelajaran kontekstual
dengan strategi REACT dan pembelajaran saintifik ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar
matematika siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Sragen.
Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Strategi REACT, Pembelajaran Saintifik, Prestasi Belajar,
Motivasi Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i4.6973
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia