PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA
Ali Mahmudi, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi metakognitif, mengetahui apakah
terdapat perbedaan signifikan dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang
mengikuti pembelajaran matematika dengan strategi metakognitif dan yang mengikuti pembelajaran
dengan strategi ekspositori, serta mengetahui pengaruh strategi metakognitif terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan
desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP Negeri 6 Yogyakarta, dengan sampel penelitian yang dipilih secara acak yaitu kelas
VIII E sebagai kelas kontrol dengan strategi ekspositori dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen
dengan strategi metakognitif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan
lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji statistik yang digunakan adalah uji one sample ttest dan independent sample t-test. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05
dapat disimpulkan bahwa (1) strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau
dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) terdapat perbedaan signifikan dalam hal
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi
metakognitif dan yang mengikuti pembelajaran dengan strategi ekspositori, (3) strategi metakognitif
berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: strategi metakognitif, strategi ekspositori, kemampuan pemecahan masalah matematis
terdapat perbedaan signifikan dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang
mengikuti pembelajaran matematika dengan strategi metakognitif dan yang mengikuti pembelajaran
dengan strategi ekspositori, serta mengetahui pengaruh strategi metakognitif terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan
desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP Negeri 6 Yogyakarta, dengan sampel penelitian yang dipilih secara acak yaitu kelas
VIII E sebagai kelas kontrol dengan strategi ekspositori dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen
dengan strategi metakognitif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan
lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji statistik yang digunakan adalah uji one sample ttest dan independent sample t-test. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05
dapat disimpulkan bahwa (1) strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau
dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) terdapat perbedaan signifikan dalam hal
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi
metakognitif dan yang mengikuti pembelajaran dengan strategi ekspositori, (3) strategi metakognitif
berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: strategi metakognitif, strategi ekspositori, kemampuan pemecahan masalah matematis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i4.6971
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia