PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA

Ferida Dwi Prasetyoningrum, , Indonesia
Ali Mahmudi, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi metakognitif, mengetahui apakah
terdapat  perbedaan  signifikan  dalam  hal  kemampuan  pemecahan  masalah  matematis  siswa  yang
mengikuti pembelajaran matematika dengan strategi metakognitif dan yang  mengikuti  pembelajaran
dengan  strategi  ekspositori,  serta  mengetahui pengaruh  strategi  metakognitif  terhadap  kemampuan
pemecahan  masalah  matematis  siswa. Penelitian ini  merupakan  penelitian quasi eksperimen dengan
desain  penelitian pretest  posttest  control  group  design.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa
kelas VIII SMP Negeri 6 Yogyakarta, dengan sampel penelitian yang dipilih secara acak yaitu kelas
VIII  E  sebagai  kelas  kontrol  dengan  strategi  ekspositori  dan  kelas VIII  F  sebagai  kelas  eksperimen
dengan  strategi  metakognitif.  Instrumen  yang  digunakan  untuk  mengumpulkan  data  adalah  tes dan
lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji statistik yang digunakan adalah uji one sample ttest dan independent  sample  t-test.  Berdasarkan  uji  hipotesis  menggunakan  taraf  signifikansi  0,05
dapat  disimpulkan  bahwa  (1)  strategi  metakognitif dalam  pembelajaran  matematika  efektif ditinjau
dari  kemampuan  pemecahan  masalah  matematis  siswa,  (2)  terdapat  perbedaan  signifikan  dalam  hal
kemampuan  pemecahan  masalah  matematis  siswa  yang  mengikuti  pembelajaran  dengan  strategi
metakognitif dan yang mengikuti pembelajaran dengan strategi ekspositori, (3) strategi metakognitif
berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: strategi metakognitif, strategi ekspositori, kemampuan pemecahan masalah matematis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i4.6971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia