PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP KELAS VII
Ariyadi Wijaya, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika realistik
berupa RPP dan LKS pada materi aritmatika sosial untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa SMP kelas VII. Selain itu, penelitian ini mendeskripsikan kualitas perangka t
pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi
Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian yaitu lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan, angket respon
guru dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi
untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran dikatakan valid dan
praktis jika minimal memenuhi kriteria baik, sedangkan dikatakan efektif jika persentase ketuntasan
siswa yang mencapai KKM lebih dari 75% dan nilai rata -rata tes siswa lebih dari atau sama
denganKKM yang ditetapkan yaitu 70. Perangkat pembelajaran diimplementasikan di SMP Negeri 1
Galur dengan objek penelitian siswa kelas VII A. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran
berupa empat RPP dan satu LKS. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan skor ratarata 4,38 untuk RPP dan 4,34 untuk LKS dari skor maksimal 5,00. Perangkat pembelajaran memenuhi
kriteria praktisdengan skor rata-rata 3,70 untuk angket respon guru dan 3,48 untuk angket respon
siswa dari skor maksimal 4,00. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi,
perangkat memenuhi kriteria efektif ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 81,82%
dan nilai signifikansi sebesar 0,037 (kurang dari nilai = 0,05 ).
Kata kunci: kemampuan berpikir tingkat tinggi, matematika realistik, perangkat pembelajaran
berupa RPP dan LKS pada materi aritmatika sosial untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa SMP kelas VII. Selain itu, penelitian ini mendeskripsikan kualitas perangka t
pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi
Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian yaitu lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan, angket respon
guru dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi
untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran dikatakan valid dan
praktis jika minimal memenuhi kriteria baik, sedangkan dikatakan efektif jika persentase ketuntasan
siswa yang mencapai KKM lebih dari 75% dan nilai rata -rata tes siswa lebih dari atau sama
denganKKM yang ditetapkan yaitu 70. Perangkat pembelajaran diimplementasikan di SMP Negeri 1
Galur dengan objek penelitian siswa kelas VII A. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran
berupa empat RPP dan satu LKS. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan skor ratarata 4,38 untuk RPP dan 4,34 untuk LKS dari skor maksimal 5,00. Perangkat pembelajaran memenuhi
kriteria praktisdengan skor rata-rata 3,70 untuk angket respon guru dan 3,48 untuk angket respon
siswa dari skor maksimal 4,00. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi,
perangkat memenuhi kriteria efektif ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 81,82%
dan nilai signifikansi sebesar 0,037 (kurang dari nilai = 0,05 ).
Kata kunci: kemampuan berpikir tingkat tinggi, matematika realistik, perangkat pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i4.6970
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia