PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP YANG BERORIENTASI PADA KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR
Djamilah Bondan W. Djamilah Bondan W., , Indonesia
Abstract
"> Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan
saintifik berbasis problem based learning berorientasi pada kemandirian dan prestasi belajar materi perbandingan
kelas VII SMP serta mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan
keefektifan. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE dengan langkah analysis (analisis), design
(perancangan), development (pengembangan), implemention (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrument
yang digunakan berupa lembar penilaian RPP, lembar penilaian LKS, angket respon guru dan siswa, lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes prestasi belajar dan angket kemandirian belajar. Perangkat
pembelajaran yang telah dihasilkan diujicobakan di SMP PGRI Semanu pada tanggal 6 April 2015 sampai 30 April
2015. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari kevalidan memenuhi kriteria sangat valid dengan
skor rata-rata 3,64 dari skor maksimal 4,00 untuk RPP dan 2,75 dari skor maksimal 4,00 untuk LKS. Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari kepraktisan memenuhi kriteria sangat praktis dengan skor rata-rata
respon siswa 3,50 dari skor maksimal 4,00, skor rata-rata guru 3,70 dari skor maksimal 4,00 dan hasil observasi
keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase rata-rata 94,23. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan
efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kemandirian belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar
0,000 (kurang dari α = 0,05) untuk prestasi belajar dan nilai signifikan sebesar 0,000 (kurang dari α = 0,05) untuk
kemandirian belajar.
saintifik berbasis problem based learning berorientasi pada kemandirian dan prestasi belajar materi perbandingan
kelas VII SMP serta mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan
keefektifan. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE dengan langkah analysis (analisis), design
(perancangan), development (pengembangan), implemention (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrument
yang digunakan berupa lembar penilaian RPP, lembar penilaian LKS, angket respon guru dan siswa, lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes prestasi belajar dan angket kemandirian belajar. Perangkat
pembelajaran yang telah dihasilkan diujicobakan di SMP PGRI Semanu pada tanggal 6 April 2015 sampai 30 April
2015. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari kevalidan memenuhi kriteria sangat valid dengan
skor rata-rata 3,64 dari skor maksimal 4,00 untuk RPP dan 2,75 dari skor maksimal 4,00 untuk LKS. Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari kepraktisan memenuhi kriteria sangat praktis dengan skor rata-rata
respon siswa 3,50 dari skor maksimal 4,00, skor rata-rata guru 3,70 dari skor maksimal 4,00 dan hasil observasi
keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase rata-rata 94,23. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan
efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kemandirian belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar
0,000 (kurang dari α = 0,05) untuk prestasi belajar dan nilai signifikan sebesar 0,000 (kurang dari α = 0,05) untuk
kemandirian belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i2.688
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia