PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK SISWA KELAS V SDIT INTERNASIONAL LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA KELAS BILINGUAL

Oni Pluntur Artiono Oni Pluntur Artiono, , Indonesia
Heri Retnawati Heri Retnawati, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar dengan pendekatan konstruktivisme untuk kelas V
SDIT Internasional Luqman Al-Hakim Yogyakarta dan mengetahui kualitas buku ajar dilihat berdasarkan aspek
kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). (1) Tahap analysis meliputi (a) analisis kurikulum;
(b) analisis bahan ajar; dan (c) analisis karakter siswa. (2) Tahap design meliputi (a) perancangan garis besar isi
buku; (b) menyusun peta kebutuhan buku ajar; dan (c) penyusunan instrumen penelitian. (3) Tahap development
meliputi (a) penulisan buku ajar; (b) validasi buku ajar; dan (c) revisi buku ajar. (4) Tahap implementation meliputi
uji coba buku ajar. (5) Tahap evalution meliputi (a) evaluasi buku ajar oleh guru; (b) evaluasi kepraktisan buku ajar
oleh siswa; dan (c) evaluasi keefektivan penggunaan buku ajar dalam pembelajaran. Produk penelitian ini berupa
buku ajar untuk kelas V SDIT Internasional Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1) kualitas buku ajar berdasarkan aspek kevalidan termasuk kategori baik dengan skor rata-rata menurut
penilaian dua dosen ahli materi dan ahli media; (2) kualitas buku ajar berdasarkan penilaian guru termasuk kategori
baik dengan skor rata-rata ; (3) kualitas buku ajar berdasarkan dari aspek kepraktisan termasuk kategori baik
dengan skor rata-rata ; dan (4) kualitas buku ajar berdasarkan aspek keefektivan termasuk kategori baik
berdasarkan postes siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar .


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i1.685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia