PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII
Kuswari Hernawati Kuswari Hernawati, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif dengan menggunakan pendekatan saintifik berbasis problem based learning pada materi aritmetika sosial siswa SMP kelas VII serta mengetahui kualitas media dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation,
Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penilaian dilakukan 2 kali, yaitu sebelum dan setelah implementasi. Hasil penilaian oleh dosen ahli dan guru sebelum implementasi didapatkan rata-rata skor 189, memiliki kriteria baik dan memenuhi kriteria valid. Penilaian setelah implementasi rata-rata skor menjadi 198 dan memiliki kriteria sangat baik; (2) berdasarkan hasil respon oleh guru, didapatkan skor 48 sehingga memiliki kriteria sangat baik, hasil respon siswa didapatkan skor rata-rata 50 dan memiliki kriteria baik, dari kedua respon tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan praktis; (3) berdasarkan hasil tes hasil belajar siswa, data persentase ketuntasan siswa keseluruhan adalah 84,62% dan nilai rata-rata kelas 77,69 sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan efektif.
Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penilaian dilakukan 2 kali, yaitu sebelum dan setelah implementasi. Hasil penilaian oleh dosen ahli dan guru sebelum implementasi didapatkan rata-rata skor 189, memiliki kriteria baik dan memenuhi kriteria valid. Penilaian setelah implementasi rata-rata skor menjadi 198 dan memiliki kriteria sangat baik; (2) berdasarkan hasil respon oleh guru, didapatkan skor 48 sehingga memiliki kriteria sangat baik, hasil respon siswa didapatkan skor rata-rata 50 dan memiliki kriteria baik, dari kedua respon tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan praktis; (3) berdasarkan hasil tes hasil belajar siswa, data persentase ketuntasan siswa keseluruhan adalah 84,62% dan nilai rata-rata kelas 77,69 sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan efektif.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v5i1.680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia