PENGARUH STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP.
Sugiyono ., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)
terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa SMP. Penelitian ini adalah quasi
experiment dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berbah. Sampel yang diberikan perlakuan adalah kelas VII A yang
mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan strategi TAPPS sebagi kelas eksperimen dan kelas VII B yang
mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan strategi ekspositori sebagai kelas kontrol. Instrumenn yang
digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar, serta
lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pemeblejaran yang digunakan peneliti.Hasil penelitian
menunjukkan sebagai berikut : (1) pembelajaran dengan strategi TAPPS berpengaruh tinggi terhadap kemampuan
komunikasi matematis siswa, (2) pembelajaran dengan strategi TAPPS berpengaruh sedang terhadap prestasi
belajar siswa, (3) pembelajaran dengan strategi ekspositori berpengaruh sedang terhadap kemampuan komunikasi
matematis siswa, (4) pembelajaran dengan strategi ekspositori berpengaruh sedang terhadap prestasi belajar siswa,
(5) pembelajaran dengan strategi TAPPS lebih berpengaruh daripada pembelajaran dengan strategi ekspositori
terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) pembelajaran dengan strategi TAPPS lebih berpengaruh
daripada pembelajaran dengan strategi ekspositori terhadap prestasi belajar siswa.
Kata kunci: TAPPS, kemampuan komunikasi matematis, prestasi belajar.
terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa SMP. Penelitian ini adalah quasi
experiment dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berbah. Sampel yang diberikan perlakuan adalah kelas VII A yang
mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan strategi TAPPS sebagi kelas eksperimen dan kelas VII B yang
mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan strategi ekspositori sebagai kelas kontrol. Instrumenn yang
digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar, serta
lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pemeblejaran yang digunakan peneliti.Hasil penelitian
menunjukkan sebagai berikut : (1) pembelajaran dengan strategi TAPPS berpengaruh tinggi terhadap kemampuan
komunikasi matematis siswa, (2) pembelajaran dengan strategi TAPPS berpengaruh sedang terhadap prestasi
belajar siswa, (3) pembelajaran dengan strategi ekspositori berpengaruh sedang terhadap kemampuan komunikasi
matematis siswa, (4) pembelajaran dengan strategi ekspositori berpengaruh sedang terhadap prestasi belajar siswa,
(5) pembelajaran dengan strategi TAPPS lebih berpengaruh daripada pembelajaran dengan strategi ekspositori
terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) pembelajaran dengan strategi TAPPS lebih berpengaruh
daripada pembelajaran dengan strategi ekspositori terhadap prestasi belajar siswa.
Kata kunci: TAPPS, kemampuan komunikasi matematis, prestasi belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i3.6668
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia