PENGARUH STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP.

Fitriana Nurhidayati, , Indonesia
Sugiyono ., , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS)
terhadap  kemampuan  komunikasi  matematis  dan  prestasi  belajar  siswa  SMP.   Penelitian  ini  adalah  quasi
experiment dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh  siswa  kelas  VII  SMP  Negeri 1  Berbah.  Sampel  yang  diberikan  perlakuan  adalah  kelas  VII  A  yang
mendapatkan  perlakuan  pembelajaran  dengan  strategi  TAPPS  sebagi  kelas  eksperimen  dan  kelas  VII  B  yang
mendapatkan  perlakuan  pembelajaran  dengan  strategi  ekspositori  sebagai  kelas  kontrol.  Instrumenn  yang
digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar, serta
lembar  observasi  untuk  mengamati  keterlaksanaan  pemeblejaran  yang  digunakan  peneliti.Hasil  penelitian
menunjukkan sebagai berikut : (1) pembelajaran dengan strategi TAPPS berpengaruh tinggi terhadap kemampuan
komunikasi  matematis  siswa,  (2)  pembelajaran  dengan  strategi  TAPPS  berpengaruh  sedang  terhadap  prestasi
belajar siswa, (3) pembelajaran dengan strategi ekspositori berpengaruh sedang terhadap kemampuan komunikasi
matematis siswa, (4) pembelajaran dengan strategi ekspositori berpengaruh sedang terhadap prestasi belajar siswa,
(5)  pembelajaran  dengan  strategi  TAPPS  lebih  berpengaruh  daripada  pembelajaran  dengan  strategi  ekspositori
terhadap  kemampuan  komunikasi  matematis  siswa,  (6)  pembelajaran  dengan  strategi  TAPPS  lebih  berpengaruh
daripada pembelajaran dengan strategi ekspositori terhadap prestasi belajar siswa.
Kata kunci: TAPPS, kemampuan komunikasi matematis, prestasi belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i3.6668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia