EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN
Rosnawati ., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan saintifik dengan metode Problem Based
Learning dan pembelajaran ekspositori serta mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif antara pendekatan
saintifik dengan metode Problem Based Learning dan pembelajaran ekspositori pada pembelajaran matematika
ditinjau dari prestasi belajar. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control
group. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan, 30 siswa dalam kelas
eksperimen dan 34 siswa dalam kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji-t dengan
α=5%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata dan variansi posttest kelas eksperimen 77,67 dan 70,23, sedangkan
kelas kontrol 77,79 dan 86,65. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dengan metode
Problem Based Learning dan pembelajaran ekspositori efektif ditinjau dari prestasi belajar, serta pendekatan
saintifik dengan metode Problem Based Learning tidak lebih efektif daripada pembelajaran ekspositori pada
pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Banguntapan.
Kata kunci: pendekatan saintifik, metode Problem Based Learning (PBL), pembelajaran ekspositori, prestasi
belajar
Learning dan pembelajaran ekspositori serta mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif antara pendekatan
saintifik dengan metode Problem Based Learning dan pembelajaran ekspositori pada pembelajaran matematika
ditinjau dari prestasi belajar. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control
group. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan, 30 siswa dalam kelas
eksperimen dan 34 siswa dalam kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji-t dengan
α=5%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata dan variansi posttest kelas eksperimen 77,67 dan 70,23, sedangkan
kelas kontrol 77,79 dan 86,65. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dengan metode
Problem Based Learning dan pembelajaran ekspositori efektif ditinjau dari prestasi belajar, serta pendekatan
saintifik dengan metode Problem Based Learning tidak lebih efektif daripada pembelajaran ekspositori pada
pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Banguntapan.
Kata kunci: pendekatan saintifik, metode Problem Based Learning (PBL), pembelajaran ekspositori, prestasi
belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i3.6664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia