PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY UNTUK SISWA SMP KELAS VIII
Kuswari Hernawati, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game edukasi matematika
dengan pendekatan guided discovery pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII semester 2
dan mendeskripsikan kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan
ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Game edukasi yang dikembangkan
dinyatakan valid dengan skor keseluruhan 3,92 dari skor maksimal 5, dinyatakan praktis dengan skor keseluruhan
3,92 dari skor maksimal 5, tetapi belum efektif dengan persentase ketuntasan 47,8%. Kemungkinan penyebab dari
permasalahan yang peneliti temukan adalah kegiatan siswa yang lebih cenderung pada bermain daripada belajar,
sehingga sikap inquiry (mencari-temukan) dan kemampuan problem solving siswa belum terasah secara optimal.
Kemungkinan penyebab lain adalah langkah verbalisasi yang belum muncul karena keterbatasan dari software yang
digunakan dan langkah latihan soal yang dimunculkan tidak bertahap.
Kata kunci: game edukasi, pendekatan guided discovery, bangun ruang sisi datar
dengan pendekatan guided discovery pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII semester 2
dan mendeskripsikan kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan
ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Game edukasi yang dikembangkan
dinyatakan valid dengan skor keseluruhan 3,92 dari skor maksimal 5, dinyatakan praktis dengan skor keseluruhan
3,92 dari skor maksimal 5, tetapi belum efektif dengan persentase ketuntasan 47,8%. Kemungkinan penyebab dari
permasalahan yang peneliti temukan adalah kegiatan siswa yang lebih cenderung pada bermain daripada belajar,
sehingga sikap inquiry (mencari-temukan) dan kemampuan problem solving siswa belum terasah secara optimal.
Kemungkinan penyebab lain adalah langkah verbalisasi yang belum muncul karena keterbatasan dari software yang
digunakan dan langkah latihan soal yang dimunculkan tidak bertahap.
Kata kunci: game edukasi, pendekatan guided discovery, bangun ruang sisi datar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i3.6660
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia