EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS MATEMATIS

Adi Setiawan, , Indonesia
Rusgianto Hari Santosa, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah model problem based learning lebih efektif
dibandingkan  dengan  model  pembelajaran  konvensional  ditinjau  dari  kemampuan  pemecahan  masalah
dalam  pembelajaran  matematika  (2)  mengetahui  apakah  model problem based  learning lebih  efektif
dibandingkan  dengan  model  pembelajaran  konvensional  ditinjau  dari  kreativitas  matematis  dalam
pembelajaran  matematika.  Jenis  penelitian  ini  adalah  eksperimen  semu  (quasi-experimental)  dengan
desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N
1 Ngaglik. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas
VIII  B  sebagai  kelompok  kontrol.  Data  penelitian  ini  diperoleh  melalui  tes  kemampuan  pemecahan
masalah dan tes kreativitas matematis. Berdasarkan hasil penelitan, dapat disimpulkan bahwa: (1) model
problem  based  learning  lebih  efektif  dari  model  pembelajaran  konvensional  dalam  pembelajaran
matematika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah (2) model problem based learning lebih efektif
dari  model  pembelajaran  konvensional  dalam  pembelajaran  matematika  ditinjau  dari  kreativitas
matematis.
Kata kunci: pemecahan masalah, kreativitas matematis, model problem based learning.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i2.5980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia