EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS MATEMATIS
Rusgianto Hari Santosa, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah model problem based learning lebih efektif
dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah
dalam pembelajaran matematika (2) mengetahui apakah model problem based learning lebih efektif
dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kreativitas matematis dalam
pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experimental) dengan
desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N
1 Ngaglik. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas
VIII B sebagai kelompok kontrol. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan
masalah dan tes kreativitas matematis. Berdasarkan hasil penelitan, dapat disimpulkan bahwa: (1) model
problem based learning lebih efektif dari model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran
matematika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah (2) model problem based learning lebih efektif
dari model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kreativitas
matematis.
Kata kunci: pemecahan masalah, kreativitas matematis, model problem based learning.
dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah
dalam pembelajaran matematika (2) mengetahui apakah model problem based learning lebih efektif
dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kreativitas matematis dalam
pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experimental) dengan
desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N
1 Ngaglik. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas
VIII B sebagai kelompok kontrol. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan
masalah dan tes kreativitas matematis. Berdasarkan hasil penelitan, dapat disimpulkan bahwa: (1) model
problem based learning lebih efektif dari model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran
matematika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah (2) model problem based learning lebih efektif
dari model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kreativitas
matematis.
Kata kunci: pemecahan masalah, kreativitas matematis, model problem based learning.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i2.5980
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia