KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DI MAN YOGYAKARTA 2 KELAS X

Rizky Cahyaningtyas, , Indonesia
Tuharto ., , Indonesia

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  keefektifan  pendekatan  saintifik  dengan  metode
pembelajaran  kooperatif  tipe think  pair  share  ditinjau  dari  kemampuan  berpikir  kreatif  matematis. Metode
penelitian  ini  menggunakan  metode quasi  experiment  dengan  desain Pretest-Posttest  Control  Group  Design.
Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas X MAN Yogyakarta 2 tahun ajaran 2015/2016. Sampel
terdiri  dari  2  kelas  yang  diambil  dengan  undian, yaitu X  MIPA  2  sebagai kelas  eksperimen yang  mendapatkan
pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan metode kooperatif tipe think pair share dan X MIPA 1
sebagai  kelas kontrol  yang  mendapatkan pembelajaran  menggunakan  pendekatan  saintifik  dengan metode
ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir
kreatif matematis  yang terdiri dari soal pretest  dan posttest  berupa 7 soal uraian dan instrumen non-tes yang
berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data yang dilakukan adalah dengan deskriptif data
dan  uji intervensial  yaitu  uji-t. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  1) Rata-rata posttest kemampuan  berpikir
kreatif matematis kelas eksperimen mencapai 31,96 (skor maksimum 40) yang termasuk dalam kriteria baik dan
dari  uji one  sample t-test diperoleh  nilai  signifikansi sebesar  0,001,  artinya  pendekatan  saintifik  dengan metode
pembelajaran  kooperatif  tipe Think  Pair  Share (TPS)  efektif. 2) Rata-rata posttest kemampuan  berpikir  kreatif
matematis kelas kontrol mencapai 28,93 (skor maksimum 40) yang termasuk dalam kriteria baik dan dari uji one
sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001, artinya pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran
ekspositori efektif. 3) Berdasarkan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,012, artinya
pendekatan  saintifik  dengan  dengan  metode kooperatif  tipe  TPS  lebih  efektif  dibandingkan  dengan  metode
ekspositori.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i2.5977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1




Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia