KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DI MAN YOGYAKARTA 2 KELAS X
Tuharto ., , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan saintifik dengan metode
pembelajaran kooperatif tipe think pair share ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis. Metode
penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design.
Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas X MAN Yogyakarta 2 tahun ajaran 2015/2016. Sampel
terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan undian, yaitu X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan
pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan metode kooperatif tipe think pair share dan X MIPA 1
sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan metode
ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir
kreatif matematis yang terdiri dari soal pretest dan posttest berupa 7 soal uraian dan instrumen non-tes yang
berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data yang dilakukan adalah dengan deskriptif data
dan uji intervensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata posttest kemampuan berpikir
kreatif matematis kelas eksperimen mencapai 31,96 (skor maksimum 40) yang termasuk dalam kriteria baik dan
dari uji one sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001, artinya pendekatan saintifik dengan metode
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif. 2) Rata-rata posttest kemampuan berpikir kreatif
matematis kelas kontrol mencapai 28,93 (skor maksimum 40) yang termasuk dalam kriteria baik dan dari uji one
sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001, artinya pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran
ekspositori efektif. 3) Berdasarkan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,012, artinya
pendekatan saintifik dengan dengan metode kooperatif tipe TPS lebih efektif dibandingkan dengan metode
ekspositori.
pembelajaran kooperatif tipe think pair share ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis. Metode
penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design.
Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas X MAN Yogyakarta 2 tahun ajaran 2015/2016. Sampel
terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan undian, yaitu X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan
pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan metode kooperatif tipe think pair share dan X MIPA 1
sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan metode
ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir
kreatif matematis yang terdiri dari soal pretest dan posttest berupa 7 soal uraian dan instrumen non-tes yang
berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data yang dilakukan adalah dengan deskriptif data
dan uji intervensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata posttest kemampuan berpikir
kreatif matematis kelas eksperimen mencapai 31,96 (skor maksimum 40) yang termasuk dalam kriteria baik dan
dari uji one sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001, artinya pendekatan saintifik dengan metode
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif. 2) Rata-rata posttest kemampuan berpikir kreatif
matematis kelas kontrol mencapai 28,93 (skor maksimum 40) yang termasuk dalam kriteria baik dan dari uji one
sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001, artinya pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran
ekspositori efektif. 3) Berdasarkan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,012, artinya
pendekatan saintifik dengan dengan metode kooperatif tipe TPS lebih efektif dibandingkan dengan metode
ekspositori.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i2.5977
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia