PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP/MTs
Ariyadi Wijaya, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS dengan
pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP/MTs
yang memenuhi kualifikasi valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan model ADDIE, meliputi 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan
evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi instrumen kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan. Instrumen kevalidan meliputi lembar penilaian RPP dan lembar penilaian LKS. Instrumen
kepraktisan meliputi angket respon siswa, angket respon guru, dan lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran. Instrumen keefektifan yaitu tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan perangkat
pembelajaran memenuhi kriteria (1) valid dengan rata-rata skor untuk RPP 4,4 dan rata-rata skor untuk
LKS 4,28 dari skor maksimal 5, (2) praktis dengan rata-rata skor angket respon siswa 4,00 dan rata-rata
skor angket respon guru 4,28 dari skor maksimal 5, serta rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 94, 96%,
dan (3) efektif dengan ketuntasan tes hasil belajar 81,25%.
pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP/MTs
yang memenuhi kualifikasi valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan model ADDIE, meliputi 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan
evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi instrumen kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan. Instrumen kevalidan meliputi lembar penilaian RPP dan lembar penilaian LKS. Instrumen
kepraktisan meliputi angket respon siswa, angket respon guru, dan lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran. Instrumen keefektifan yaitu tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan perangkat
pembelajaran memenuhi kriteria (1) valid dengan rata-rata skor untuk RPP 4,4 dan rata-rata skor untuk
LKS 4,28 dari skor maksimal 5, (2) praktis dengan rata-rata skor angket respon siswa 4,00 dan rata-rata
skor angket respon guru 4,28 dari skor maksimal 5, serta rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 94, 96%,
dan (3) efektif dengan ketuntasan tes hasil belajar 81,25%.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v6i1.5967
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Matematika - S1
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia