EFEKTIVITAS PENDEKATAN (CTL) DENGAN STRATEGI REACT DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Marisa Maulani Husnul Amiroh, Yogyakarta State University
Ali Mahmudi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektofan pendekatan pembelajaran Contextual Teaaching and Learning (CTL) dengan strategi REACT ditinjau dari kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa serta perbedaan keefektifan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan direct instruction pada materi persamaan linear satu variabel. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan preteest-posttest control group design. Populasi penelitian ialah siswa kelas VII SMP N 1 Sleman dan sampel dipilih secara acak yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini yaitu tes kemampuan penyelesaian masalah dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Pengujian keefektifan menggunakan uji one sample t-test, untuk mengetahui pendekatan yang lebih efektif digunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi REACT efektif ditinjau dari kemampuan penyelesaian masalah; dan  (2) pendekatan dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan strategi REACT lebih efektif daripada Direct Instruction ditinjau dari kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa dengan nilai rata-rata CTL 83,02 dan Direct Instruction 73,69.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i3.21217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia