PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MOTION GRAPHIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP

Akmal Hibban Habibie, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Wahyu Setyaningrum, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan motion graphic sebagai media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Uji coba produk dilakukan dengan insturmen lembar validasi, lembar soal pretest-posttest, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis kelayakan motion graphic menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan respon siswa menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif, keefektifan penggunaan motion graphic untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diuji menggunakan paired sample t-test dan n-gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran matematika motion graphic dapat dinyatakan valid berdasarkan penilaian dari validator, (2) media pembelajaran matematika motion graphic praktis untuk digunakan oleh siswa dalam proses pembelajara berdasarkan hasil yang diperoleh dari angket respon siswa, dan (3) media pembelajaran matematika motion graphic dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan hasil uji paired sample t-test dan hasil perhitungan n-gain score.


Keywords


media pembelajaran; motion graphic; kemampuan pemecahan masalah matematika

Full Text:

PDF

References


Branca, N.A. (1980). Problem Solving as a Goal, Process, and Basic Skill. Problem Solving in School Mathematics. Editor: Krulik, S. and Reys, R.E. Reston: National Council of Teachers of Mathematics.

Harefa, D dan Laia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 335-336.

Juwita, R. (2018). Pembuatan Motion Graphic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Tata Surya Pada PT. Penerbit Erlangga . Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, 2(3), 116-121.

Komariah, K. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J Di Smpn 3 Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Universitas Negeri Yogakarta, 184.

Lukman dan Ishartiwi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Mind Map Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 109-122.

Polya, G. (1973). How to solve it: A new aspect of mathematical method (2nd ed.). Princeton, New Jersey: Princeton Univeversity Press.

Rahman, R dan Nur, I. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Polya. Jurnal Pembelajaran MATEMATIKA Inovatif, 4(6), 1413-1422.

Romadonah, S dan Maharani, I. (2019). Motion Graphic Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Utile, 5(2), 115-122.

Silitonga, R. (2015). Penerapan Accelerated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis Siswa SMP(Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Somakim. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Pendekatan Matematika Realistik. [Thesis, http://repository.upi.edu/7984/]. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148-148.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M.I. (1974) Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Bloomington, Idiana : National Centre For Improvement of Paleontology.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i1.20296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia