PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Ali Mahmudi, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMP kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain control-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Depok yang dipilih secara acak, kemudian didapatkan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen menerapakan pembelajaran berdiferensiasi dengan model discovery learning, sedangkan kelas kontrol menerapkan pembelajaran klasikal dengan model direct instruciion. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan literasi matematika, angket profil belajar peserta didik serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Statistik uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah one sample t-test, independent sample t-test, dan uji binomial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Hal tersebut ditunjukkan melalui hasil uji statistik yang telah dilakukan. Hasil pengujian pertama menunjukkan nilai rata-rata hasil tes kemampuan literasi matematika peserta didik telah melebihi KKM (75) selanjutnya, 90% siswa pada kelas eksperimen mendapatkan hasil posttest mencapai atau melebihi nilai KKM dan hasil uji statistik yang ketiga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata posttest kemampuan literasi matematika kelas eksperimen dan rata-rata posttest kemampuan literasi matematika kelas kontrol.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.
Benjamin, A. (2002). Differentiated instruction: A guide for middle and high school teachers. Eye on Education.
Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Science. US: Lawrence, Erlbaum.
Gregory, G. H., & Chapman, C. (2012). Differentiated Instructional strategies: One size doesn′ t fit all. Corwin press.
Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs).
Kemendikbud. (2022). Permendikbudristek RI No. 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Marlina, M. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.
OECD (2019), PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.
Purnomo, S. 2016. Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten Space and Shape untuk Mengetahui Level Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berdasarkan Analisis Model RASCH. Jember: Universitas Jember.
Suprayitno, T. (2019). Pendidikan di Indonesia: belajar dari hasil PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Balitbang Depdiknas.
Sutama, M. P., Patriana, W. D., Faiziyah, N., & Novitasari, M. (2022) Desain Pembelajaran Berorientasi Literasi Numerasi Sekolah Dasar. Muhammadiyah University Press.
Samsiyah, S. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2).
Tomlinson, C. A., Brighton, C., Callahan, C. M., Moon, T. R., Brimijoin, K., Conover, L. A. & Reynolds, T. (2003). Differentiating Instruction in Response to Student Readiness, Interest, and Learning Profile in Academically Diverse Classrooms: A Review of Literature. Journal for the Education of the Gifted.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v10i1.19756
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogi Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia