PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS XI KKO SMAN 1 SEWON

Silvie Safira,
Ariyadi Wijaya,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap disposisi matematis pada siswa kelas XI KKO SMA Negeri 1 Sewon. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen semu yang didesain dalam The Non-equivalent Pretest Posttest Control Group Design, dilakukan pada siswa kelas XI KKO SMA Negeri 1 Sewon, kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Teams Games Tournament. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, lembar angket awal dan akhir disposisi matematis, serta dokumen hasil belajar. Uji statistic yang digunakan yaitu independent sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Teams Games Tournament berpengaruh positif terhadap disposisi matematis siswa kelas XI KKO.


Keywords


Teams Games Tournament; disposisi matematis; KKO

References


Duff, J. 2012. Cooperative Learning vs. Direct Instruction: Using two Instructional Models to Determine their Impact on Student Learning in a Middle School Math Classroom. Education Senior Action Research Projects. Valparaiso University. Pp. 1-4

Hasanah, Z. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.

Indrawan, I. P. E. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams-Games Tournament (TGT) terhadap Disposisi Matematis dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 4(1), 78-87.

Katz, L. G. (1993). Dispositions as Educational Goals. ERIC Digest.

Mahmudi, A. (2011). Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 17(April), 1-11.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Slavin, R. E. 2016. Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik. (Terjemahan Narulita Yusron). Bandung: Penerbit Nusa Media. (Edisi asli diterbitkan tahun 2005 oleh Allymand Bacon).

Syaban, M. (2009). Menumbuhkembangkan daya dan disposisi matematis siswa sekolah menengah atas melalui pembelajaran investigasi. Jurnal Educationist, 3(2), 129-136.

Syah, Muhibbin (2009). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpm.v11i2.19627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pedagogi Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pedagogi Matematika
e-ISSN: 2987-4386
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/index
Email: jurnal_pmat@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia


View My Stats